Pemberi KTP ke Buronan Chaowalit Thungduang alias Sulaiman Diselidiki Polri

3 June 2024 - 14:30 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kasus buronan asal Thailand Chaowalit Thungduang alias Sia Pang Nanode alias Sulaiman yang mendapatkan KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran palsu atas nama Sulaiman akan diselidiki pihak kepolisian.

Kabareskrim Polri Komjen Pol. Wahyu Widada mengungkapkan, selama pelarian di Indonesia, Chaowalit menggunakan identitas palsu berupa KTP dan lainnya untuk keamanan dirinya.

“Siapa yang membuat dokumen-dokumen ini sedang kami selidiki,” ujarnya, Minggu (2/6/24).

Kabareskrim Polri mengatakan pihaknya sangat memperhatikan masalah ini karena buronan dari kepolisian Thailand tersebut tidak bisa berbahasa Indonesia maupun Inggris, tetapi berhasil mendapatkan identitas sebagai warga negara Indonesia di Aceh dengan mudah.

Baca Juga: Polda Banten Ungkap Produksi Oli Palsu

Berdasarkan hasil penyelidikan, Chaowalit memperoleh identitas palsu dari seseorang berinisial FS yang diperkenalkan oleh salah satu saksi di Thailand untuk membantu pelariannya.

“Kami prihatin dengan hal ini, bagaimana mungkin seseorang yang tidak bisa berbahasa Indonesia dan Inggris dengan mudah mendapatkan KTP dan membuka rekening bank. Ini menjadi perhatian kami,” terangnya.

Penyelidikan terkait KTP palsu buronan Thailand ini, lanjutnya, akan ditindaklanjuti oleh Polda Aceh dan Polda Sumatera Utara karena setelah melarikan diri dari Thailand, Chaowalit bergerak ke Aceh dan kemudian ke Sumatera Utara.

Dalam kasus ini, Polri telah memeriksa delapan saksi yang terkait dengan buronan Chaowalit, termasuk pengemudi ojek daring, sopir taksi, agen pengiriman uang, penyedia jasa sewa kapal, dan teman buronan selama berada di Indonesia.

(mz/hn/nm)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment