Tak Hanya Rokok, Ini Sederet Penyebab Terjadinya Impotensi pada Usia Muda

14 March 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tak asing lagi jika merokok salah satu penyebab banyak masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang sering digaungkan baik di iklan maupun pada kemasan rokok adalah impotensi.

Impotensi atau disfungsi ereksi merupakan kondisi yang menyebabkan kesulitan atau ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi untuk seks yang memuaskan. Kondisi ini biasanya lebih umum terjadi pada pria yang lebih tua yang disebabkan terutama karena penyakit terkait penuaan, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (12/3/24), berikut sederet penyebab impotensi di usia muda, antara lain:

1. Masalah jantung

Agar bisa mencapai dan mempertahankan ereksi, diperlukan sirkulasi darah yang sehat. Penyumbatan pembuluh darah atau suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis, bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi. Tekanan darah tinggi juga bisa menjadi penyebab impotensi di usia muda.

2. Diabetes

Disfungsi ereksi bisa menjadi pertanda diabetes. Hal itu karena kadar glukosa darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah, termasuk yang bertugas menyuplai darah ke penis saat ereksi.

Baca Juga: Kapolda Bali Pimpin Apel Kesiapan Operasi Cipta Kondisi Agung 2024

3. Obesitas

Ini merupakan faktor risiko untuk diabetes dan hipertensi. Jadi, untuk pria muda yang memiliki kelebihan berat badan, melakukan cara-cara sehat untuk menurunkan berat badan berlebih bisa membantu mengurangi risiko impotensi.

4. Gangguan hormonal

Gangguan hormonal, seperti testosteron rendah, juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Peningkatan produksi prolaktin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis, juga mungkin berpengaruh terhadap terjadinya gangguan seksual tersebut.

5. Depresi

Gairah seksual yang bisa menghasilkan ereksi dimulai di otak. Karena itu, kondisi seperti depresi dan kecemasan bisa mengganggu proses tersebut. Salah satu tanda utama depresi adalah kehilangan minat akan hal-hal yang menyenangkan, termasuk hubungan seksual.

6. Stres

Stres terkait pekerjaan, kondisi keuangan, atau peristiwa kehidupan lainnya juga bisa berkontribusi pada impotensi. Masalah dalam hubungan, seperti komunikasi yang buruk dengan pasangan, juga bisa menyebabkan disfungsi seksual baik pada pria maupun wanita.

7. Merokok

Faktanya, merokok bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria berusia 20 tahun, lho. Merokok bisa menyebabkan impotensi dengan cara merusak pembuluh darah di area penis.

8. Gangguan penyalahgunaan zat

Tak hanya merokok, penyalahgunaan zat, seperti kecanduan narkoba juga bisa menjadi penyebab impotensi di usia muda.

9. Konsumsi alkohol berlebihan

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak bisa mempersulit untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Sebab zat tersebut mengganggu pembawa pesan di otak yang memerintahkan penis untuk terisi darah. Tak hanya itu, bisa juga terjadi karena alkohol bisa menurunkan produksi testosteron.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment