Kapolda Lampung Berikan Imbauan Kepada Masyarakat saat Hari Raya Nyepi

11 March 2024 - 23:00 WIB
foto: lampung.idntimes.com

Tribratanews.polri.go.id - Lampung. Dalam melancarkan dan mengamkan kegiataan keagamaan hari raya Nyepi bagi masyarkat yang merayakan, Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmy Santika, SH S.I.K, M.Si, minta masyarakat melapor jika ada yang mencurigakan saat beribadah dan ingatkan toleransi beragama saat hari raya Nyepi karena bertepatan menjelang hari pertama tarawih untuk bulan puasa Ramadhan.

Irjen Pol. Helmy Santika, mengatkan bahwa yang diketahui hari raya Nyepi jatuh pada tanggal 11 Februari sementara Bulan Suci Puasa Ramadhan 12 Februari yang berarti dilaksanakan sholat tarawih pada malam ini, maka dari itu Polda Lampung melakukan pengamanan khusus dalam Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka)

"Polda Lampung tidak menerjunkan personel namun pengamanan tetap dilakukan diwilayahnya masing masing,” ungkap Kapolda Lampung. 

Baca Juga: Penyidik KPK Sita Bukti Dugaan Korupsi PT Taspen

Kapolda Lampung mengungkapkan bahw hampir semua wilayah Polsek melakukan pengamanan umat beragama Hindu yang sedang beribadah, oleh karena itu pengaman dilakukan secara mandiri disetiap tempat, karena perayaan hari suci Nyepi umat beragama Hindu tersebut tidak melibatkan keramaian yang bersifat tanpa kegiatan atau hanya didalam rumah saja.

"Pengaman di lakukan oleh masing-masing sektor wilayah saja, Terlebih jika nyepi masyarakat hindu tidak melakukan rutinitas apapun, ungkapnya

Irjen Pol. Helmy Santika juga menghimbau kepada masyarakat yang hidup beragama dengan siapapun agar menjaga toleransi umat beragama saat menjalani ibadahnya.
Dengan cara saling bergantian menjaga dan menghargai masyarakat sekitar ketika melakukan perayaan hari suci.

"Seperti ketika contohnya umat Hindu sedang ibadah Nyepi, kita bisa menjaga rumah dan lingkungan mereka begitu juga sebaliknya ketika umat muslim sedang tarawih dan solat idul Fitri," jelas Irjen Pol. Helmy Santika.

Kapolda Lampung juga menyampaikan kepada masyarakat untuk bersama sama menjaga situasi Kamtibmas agar semuanya merasa aman dan nyaman.

"Laporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat jika ada aktifitas yang mencurigakan ketika beribadah agar kita bisa lebih hidmat dan saling menghargai bertoleransi mengingat bersamaan memasuki bulan ramadhan dan hari pertama tarawih maupun puasa bagi umat muslim,"tutupnya.

Terakhir Irjen Pol. Helmy Santika juga menyampaikan Selamat Menjalankan Puasa Ramadhan tahun 1445 Hijriah bagi Umat Muslim dan Selamat Merayakan Hari Nyepi Bagi Umat Hindu.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment