Membangun Karakter Kebangsaan melalui Pelaksanaan Upacara Bendera

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Salah satu peran Polres Trenggalek dalam dunia pendidikan adalah membangun karakter kebangsaan dan tertib hukum bagi pelajar sekolah. Bagaimana caranya ? Polres Trenggalek memiliki cara tersendiri untuk mendekati dan dan merangkul para pelajar disemua jenjang pendidikan. Ada Polsanak atau Polisi Sahabat Anak yang dikhususkan bagi pelajar Paud dan TK, Police Goes to School untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah dan Police Goes to Campus bagi mahasiswa perguruan tinggi dan masih banyak lagi.

Dari kesemuanya, satu hal yang cukup menarik yakni kewajiban menjadi pembina upacara tiap hari Senin dari pangkat tertinggi hingga terendah. Mulai Kapolres Trenggalek hingga Bhabinkamtibmas. Konsep ini dinilai efektif menjangkau seluruh pelajar sekolah. Berbagai masalah terkini yang berkaitan dengan dunia pelajar disampaikan oleh petugas.

Wakapolres Trenggalek, Kompol Kuswara, SH, SIK, dihadapan 1.269 siswa dan guru di MTsN Model Trenggalek saat bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan agar para pelajar mengenang dan memberikan penghormatan serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Guru yang telah mendahului kita, dan semoga ilmu yang telah diberikan bermanfaat demi masa depan kita semua sehingga kita bisa menjadi orang yang beriman, berilmu, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Diperlukan kepedulian dan tenaga yang besar dari orang dewasa untuk memahami dan bekerja sama dengan anak muda serta tidak hanya memahami mereka tetapi juga mempunyai visi dan integritas serta dapat diteladani  untuk dapat mengikuti kecepatan gerak dan imajinasi mereka”, ujar Kompol Kuswara.

Lebih lanjut orang nomor dua di Polres Trenggalek itu menghimbau  agar para pelajar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan dengan mematuhi rambu-rambu,  marka,  dan sopan santun di jalan untuk menekan terjadinya fatalitas korban sia-sia di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas.

“Jangan ada lagi korban kecelakaan dari kalangan pelajar”, tegasnya.

Bripka Agus saat menjadi pembina upacara di Sekolah Dasar Desa Cakul Kecamatan Dongko
Bripka Agus saat menjadi pembina upacara di Sekolah Dasar Desa Cakul Kecamatan Dongko

Di tempat lain, Bhabinkamtibmas Desa Cakul Kecamatan Dongko Bripka Agus Mulyono juga bertindak sebagai pembina upacara di sebuah sekolah dasar setempat. Dalam amanatnya, Polisi yang sehari-hari berdinas di Polsek Dongko Polres Trenggalek ini menyampaikan banyak hal utamanya terkait kewaspadaan terhadap jajanan dan minuman berbahaya.

“Bapak ibu guru harus mendampingi anak-anak. Berikan pengertian agar tidak jajan sembarangan”, ujar Bripka Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Agus memberikan penghargaan kepada salah seorang murid teladan karena prestasi dan kedisplinannya.

“Teruslah berprestasi dan menjadi kebanggaan orang tua dan sekolah”, pungkas Bripka Agus.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password