Program “Ngopim@s” (Bagian 8) : Jalin Optimisme Kebangsaan Bersama Warga Kecamatan Tugu dan Karangan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Program Ngopim@s (Ngobrolin Polisi dan Kamtibmas) Polres Trenggalek kembali digelar. Program yang berorientasi komunikasi timbal balik antara Polisi dan masyarakat ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda.

Sambutan hangat diterima rombongan Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si bersama pejabat utama Polres Trenggalek, saat tiba di aula Desa Nglongsor Kecamatan Tugu tempat Ngopim@s digelar, Rabu (08/03).

(Baca juga : Program “Ngopim@s” (Bagian 7) : Melukis Kenangan di Sudut Hutan Mangrove Pantai Cengkrong Watulimo)

Hadir dalam kesempatan tersebut Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan pondok pesantren dan tokoh pemuda se-Kecamatan Tugu. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Tugu Polres Trenggalek, Iptu bambang Purwanto, SH, MH memaparkan tentang kondisi Kamtibmas dan potensi gangguan di wilayah Kecamatan Tugu .

“Secara umum situasi Kamtibmas dalam keadaan aman dan kondusif, kerawanan bencana alam tanah longsor di Km 16-18 dan tanah gerak di Desa Prambon masih menjadi ancaman”, papar Iptu Bambang.

Lebih lanjut, Iptu Bambag menuturkan, ancaman tersebut bisa segera teratasi berkat kerjasama dan soliditas 3 pilar yang terus berkoordinasi, berbuat dan memberikan solusi kepada masyarakat.

Sementara itu dalam sambutannya, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda atas peran dan partisipasinya menjaga Kamtibmas kondusif di wilayah Kecamatan Tugu.

AKBP Donny menuturkan, masyarakat harus cerdas dan cermat memilih informasi yang beredar. Banyak sekali berita-berita yang sengaja dibuat bertendensi memecah belah dan merusak kerukunan bangsa.

“Cek dulu kebenaran informasi, tabbayun, konfirmasi. Jangan berkontribusi menyebarkan berita yang belum tentu asal-usul dan kevalidannya”, ujar Kapolres.

Diakhir sambutannya AKBP Donny berpesan agar masyarakat waspada terhadap segala bentuk penipuan yang banyak terjadi di Trenggalek.

“Lebih berhati-hati, jangan mudah tergiur oleh iming-iming keuntungan berlipat. Tak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Para Kades mohon bantuannya untuk menyadarkan. Kasihan saudara kita, tetangga kita yang menjadi korban”, jelasnya.

Pada sesi tanya jawab, Camat Tugu menanyakan tentang pencegahan peredaran Narkoba yang dinilai saat ini sudah mencapai taraf memprihatinkan. Dengan ramah AKBP Donny menjelaskan, bahwa sejak ia menjabat sebagai Kapolres Trenggalek dirinya telah menyatakan perang terhadap Miras dan Narkoba. Selain penegakan hukum yang tegas, pihaknya juga bekerjasama dengan BNN Kabupaten Trenggalek untuk melakukan pencegahan di sekolah-sekolah.

“Polisi tak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan bantuan dari panjenengan (anda) semua agar Trenggalek benar-benar zero Miras dan Narkoba”, ucap orang nomor satu di Polres Trenggalek itu.

Program Ngopim@s Polres Trenggalek yang dilaksanakan bersama seluruh elemen masyarakat Kecamatan Karangan
Program Ngopim@s Polres Trenggalek yang dilaksanakan bersama seluruh elemen masyarakat Kecamatan Karangan

Usai menunaikan salat Dhuhur berjamaah di sebuah masjid di belakang Polsek Tugu, rombongan Kapolres Trenggalek bergerak menuju gedung serbaguna KPN Tegak Kecamatan Karangan yang menjadi lokasi Ngopim@s berikutnya. Sedikit berbeda, tokoh masyarakat yang hadir lebih banyak menanyakan perihal peran Polri menjaga Kamtibmas melalui masjid. Salah seorang tokoh agama meminta agar anggota Polri bisa mengisi khotbah Jumat di masjid-masjid. Atas pertanyaan tersebut, AKBP Donny menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dilaksanakan melalui program Jumat Berkah, dimana anggota Polres Trenggalek wajib mengamankan dan melaksanakan salat Jumat di desa-desa. Kesempatan itulah yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Penampilan juara 3 peserta Dai Cilik Duta Pencegahan Narkoba tingkat Polres Trenggalek dihadapan seluruh undangan Ngopim@s Kecamatan Karangan
Penampilan juara 3 peserta Dai Cilik Duta Pencegahan Narkoba tingkat Polres Trenggalek dihadapan seluruh undangan Ngopim@s Kecamatan Karangan

Di akhir rangkaian kegiatan di Kecamatan Karangan, AKBP Donny menyempatkan diri memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seorang anak yang meraih juara tiga dalam lomba Dai Cilik  Duta Pencegahan Narkoba tingkat Polres Trenggalek.

To be continued…..

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

Admin Polri55911 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password