Gelar Wisata Budaya Dayak Meratus di Halong Kalsel

tribratanews.polri.go.id , Polres Balangan- Tidak seperti hari – hari sebelumnya, kecamatan Halong yang biasanya sepi pada hari Sabtu (4/3/2017) pukul 10.30 wita mendadak ramai, di Balai Adat Sarumpun desa Kapul Kec. Halong Kab. Balangan dipenuhi dengan warga dayak lengkap dengan pakaian adat menyambut para tamu undangan pada acara pembukaan Gelar Wisata Budaya Dayak Meratus Ke-3 Tahun 2017.

Acara Pembukaan Gelar budaya ini dibuka oleh Bupati Balangan yang di wakili oleh Plh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Balangan.Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Adat Dayak Halong, Kapolsek Halong, Perwakilan Pimpinan PT. Adaro Indonesia, Tokoh-tokoh Adat Dayak Kalsel, Tokoh-tokoh Masyarakat Kab. Balangan serta tamu undangan lainnya.

Pembukaan acara di mulai dengan sambutan ketua panitia dilanjutkan dengan sambutan perwakilan PT. Adaro Indonesia dan terakhir sambutan dari perwakilan bupati Balangan, tidak berselang lama, acara tambahan diwarnai dengan berbagai acara kesenian adat dayak yang memanjakan mata para tamu undangan dan penonton yang hadir lainnya.

singawana
penyerahan kaos dari kapolres Balangan

 

Selesai acara hiburan adat dayak, Kapolres Balangan Akbp Moh. Zamroni, S.iK melalui Kapolsek Halong Akp Toto Herryanto¬†menyerahan baju dari Kapolres Balangan yang bertuliskan “Singa Wana” yang mengandung arti kelestarian alam sekaligus memulai kegiatan lomba-lomba serta pertunjukan kesenian dan kebudayaan adat Dayak oleh masyarakat adat sekitar.

Kegiatan gelar wisata budaya dayak meratus ke -3 ini diamankan sedikitnya 30 personil Polres Balangan baik dari anggota Polres maupun Polsek Halong, “Acara yang dijadwalkan selama 2 hari mendapatkan perhatian khusus dari Polres Balangan, Personil pengamanan di tempatkan dibeberapa titik untuk memastikan kegiatan berjalan dengan aman dan tertib” ungkap Kapolsek.

 

Penulis : Lois Adi

Editor   : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password