PERSIAPAN OPERASI LILIN KRAKATAU 2016 : Polres Tanggamus Lampung Gelar Rapat Koordinasi Antar Instansi

Lampung – Polres Tanggamus bersama dengan Kodim 0424 dan instansi terkait dari Pemkab Tanggamus dan Pemkab Pringsewu melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) kesiapan Ops Lilin Krakatau 2016 Polres Tanggamus dan jajaran.

Dalam Rakor yang berlangsung pada Rabu sejak pukul 09.00 hingga 11.00 WIB itu, Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora mengatakan, selama Ops Lilin ini akan mendirikan dua pos pengamanan di Kota Agung dan Gisting ditambah satu pos pelayanan di kabupaten  pringsewu.

Ops Lilin Krakatau ini, lanjut kapolres juga merupakan operasi terpusat dengan melibatkan semua pihak, demi menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“‎Ops Lilin merupakan operasi kemanusiaan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia. Rakor persiapan hari ini sebelum gelar pasukan, bertujuan untuk memberikan masukan/saran dalam menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru dalam pelaksanaan pengamanan,” ujar AKBP  Ahmad Mamora.

Polres Tanggamus menerjunkan 121 personel pengamanan Operasi Lilin Krakatau 2016, serta didukung oleh personil TNI Kodim 0424 Tanggamus, dinas perhubungan, dinas kesehayan, polisi pamong praja, BPBD, Senkom dan Pramuka.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0424 Tanggamus Letkol (Inf) Hista Soleh Harahap menuturkan, dalam rangka Ops Lilin Polri ini, kodim akan menurunkan ‎200 personel. Ratusan personel TNI itu akan bergabung dengan polisi. Tugasnya selain mendukung juga memaksimalkan dengan  membuat pos sendiri di koramil, aparat TNI lebih fokus pada ancaman keamanan yang sifatnya tidak terdeteksi.

“‎TNI akan bersama-sama Polri, dalam hal ini Polres Tanggamus mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Lalu antisipasi kegiatan perayaan tahun baru, suasana pilkada Pringsewu dan isu-isu lainnya yang berkembang di masyarakat‎,” kata Dandim.

Lalu Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan melalui Asisten I Drs. Paksi Marga mengungkapkan, khusus Tanggamus perayaan Natal dan Tahun Baru aman dan lancar. Dalam rangka perayaan menjelang pergantian tahun, Pemkab Tanggamus tidak menggelar pesta rakyat. Karena dari pengamatan pemkab, pesta rakyat hanya memicu kemacetan.

“Pemkab Tanggamus akan menggelar pengajian akbar, agar pergantian tahun lebih bermakna. Pengajian dilaksanakan hari Rabu, 28 Desember 2016 dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ir. Soekarno Kecamatan Kotaagung, pukul 12.30 WIB selepas Solat Dzuhur. Pengajian menghadirkan Ustadz Rizal dari Jakarta yang akan memberikan ceramah agama,” kata Drs. Paksi Marga.

Beberapa titik wilayah di Tanggamus yang perlu ditingkatkan pengamanan arus lalulintas selama perayaan Natal dan Tahun Baru, adalah Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Pasar Gisting, Pasar Talangpadang, dan Pasar Wonosobo. Paksi juga mengimbau para pengunjung lokasi wisata pantai, agar tidak mandi atau berenang.

Sementara itu Drs. Jauhari yang mewakili Pemkab Pringsewu mengatakan, antisipasi diluar gereja akan menjadi perhatian dari pemda dan Polres Tanggamus khususnya Polsek Pringsewu. Lalu pos-pos yang didirikan akan diperbantukan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sampai saat ini, Pemkab Pringsewu belum merencanakan pesta rakyat. Tetapi tetap antisipasi konsentrasi massa di Rest Area dan Pendopo Pringsewu.

Perwakilan tokoh Gereja Pringsewu menyebutkan, perayaan Natal 2016 serentak tanggal 25 Desember, pada pagi, siang, dan malam. Mereka yakin, perayaan Natal bisa berlangsung tertib dan lancar. Kerukunan antarumat beragama aman dan damai.

Rapat koordinasi kemarin, juga dihadiri perwakilan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Senkom Mitra Polri, Pengurus Gereja Tanggamus dan Pringsewu, MUI Tanggamus dan Pringsewu, ORARI, dan Dinas Pasar Tanggamus. (NN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password