Inilah Hasil Gelar Perkara Tim Saber Pungli Kabupaten Bone Pasca OTT Oknum PNS di Bone

Tribratanews.polri.go.id, Bone Sulsel – Tim Saber Pungli Kabupaten Bone melakukan gelar perkara di Aula Mapolres Bone jalan Yos Sudarso Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Paska penangkapan seorang oknum PNS yang dipimpin oleh Bawasda Kabupaten Bone selaku wakil ketua Saber Pungli Drs. H.A. Amar Ma’ruf, P.M.Si, Rabu (1/2/2017) pagi.

Gelar Perkara ini bertujuan untuk menyamakan pendangan hukum Tim Saber Pungli terhadap dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh Kepala Trantib Kecamatan Bengo yang diketahui berinisial SB, dihadiri Ketua Sekertaris Kompol M. Asrofi, S.H, Akp Hardjoko, S.H, Akp Jafar Tontong, Letkol CPM Mulyono dan segenap anggota Tim Saber pungi lainnya.

Penangkapan berawal adanya informasi tentang maraknya pungli dalam pengurusan Administrasi Kependudukan pada kantol Capil (Catatan Sipil) Kabupaten Bone. Memastikan informasi itu, Tim Saber Pungli Aiptu Usman bersama Bripka Herwin Basri melakukan penyamaran dan berhasil melakukan OTT terhadap SB di depan gedung PKK Kabupaten Bone pada tanggal 11 Januari 2017 sekira pukul 09.30 Wita terkait pengurusan KK (kartu Keluarga) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) warga Desa Barugae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone bernama Sudirman.

Dalam OTT tersebut tim berhasil menyita barang bukti foto copi administrasi kependudukan berupa KK, KTP dan akte kelahiran yang terlipat dengan uang tunai sebesar Rp. 600.000 di bawa sadel motor miliknya.

Setelah didapat barang bukti, SB pun langsung digelandang ke Mapolres Bone dan mengakui jika dirinya menerima uang sebesar Rp. 150.000 dari Sudirman dan dimasukkan ke dalam dompetnya, namun setelah aparat melakukan penggeledahan, lagi-lagi aparat menyita uang tunai sebesar Rp. 350.000.

Saat ini Tim Saber Pungli terus mendalami kasus dugaan pungli yang dilakukan oleh SB. Dari Hasil gelar perkara Tim Saber belum memutuskan perkara tersebut untuk ditingkatkan ke tahan penyidikan dengan pertimbangan bahwa Oknum PNS yang menjabat sebagai Kepala Trantib Kecamatan Bengo mengurus KK dan KTP Sudirman yang merupakan warga Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, dalam artian SB belum bisa disangka telah menyalahgunakan kewenangannya mengingat Sudirman tidak termasuk warga tempat SB bekerja.

Kasat Reskrim Polres Bone Akp Hardjoko, S.H menuturkan jika pihaknya masih melakukan pendalaman penyelidikan terkait OTT terhadap Oknum PNS tersebut dan diagendakan akan dilakukan gelar perkara selanjutnya.

‘Setelah menyamakan pandangan hukum dalam gelar perkara kami belum memutuskan untuk ditingkatkan ketahap penyidikan, akan tetapi kami akan terus melakukan pendalaman penyelidikan untuk memenuhi unsur-unsur pasal pungli yang dipersangkakan, dan dijadwalkan akan lakukan gelar perkara selanjutnya” tutur Hardjoko.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password