Kasat Lantas Polres Grobogan : Kamseltibcar lantas wujudkan Kamtibmas Kondusif

Kesadaran hukum masyarakat dalam berlalulintas selalu dibangun selama ini dengan arah dan tujuan untuk meningkatkan ketertiban dan keteraturan bagi pengguna jalan.

Berbagai tata peraturan, himbauan dan tatacara berlalulintas yang baik sudah amat sering dijumpai di berbagai sudut jalan.

Bahkan himbauan – himbauan ini didiskripaikan dalam bentuk gambar agar mudah dicerna dan dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menjelaskan Kamseltibcar lantas merupakan sisi perwujudan dari keteraturan dan kesadaran berlalu lintas.

Ditambahkan, implementasi Kamseltibcar lantas ini akan berbanding lurus terhadap terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Sebagai contoh yang paling sederhana dan banyak dijumpai adalah parkir motor secara sembarangan. Kelihatannya sepele, namun dapat berimbas banyak dalam berbagai aspek, diantaranya adalah dapat meningkatkan resiko adanya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor,” kata Panji.

Lanjut kasat lantas, “belum lagi dampak adanya kesemrawutan lalulintas yang ditimbulkan,” dijelaskan Kasat Lantas.

Sisi kenyamanan merupakan tanggung jawab semua pihak, tanpa pengecualian kepada siapapun. Untuk itu dibutuhkan pemahaman yang baik kepada masyarakat secara benar agar dapat menumbuhkan sikap dan perilaku positif.

“Ketika disiplin berlalu lintas dapat ditegakkan dan pelanggaran bisa diminimalisir, maka tingkat angka kecelakaan lalu lintas dengan sendirinya akan berkurang. Selain itu juga dapat memperlancar arus lalulintas, yang secara langsung akan mendukung terwujudnya Kamtibmas. Untuk itu mari awali diri sendiri,” pungkas AKP Panji.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password