Fenomena Tanah Bergerak : Polsek Tugu Polres Trenggalek Jatim, Kerahkan Personel Menutup Retakan Tanah Di Desa Gading

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Selain tanah longsor yang melanda Km 16 dan 17, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tugu beberapa hari ini berakibat pula pada retakan tanah di beberapa wilayah Desa Gading. Retakan tanah tersebut berupa lubang yang tentu saja berbahaya karena bisa menyebabkan orang terperosok. Oleh karenanya, hari ini Muspika Kecamatan Tugu dan masyarakat setempat melaksanakan keja bakti menutup lubang retakan tanah tersebut, Minggu (29/01).

Dalam acara yang juga dihadiri Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto, M.Sc ini, Polsek Tugu mengerahkan seluruh personelnya untuk bergabung bersama masyarakat.

“Hampir semua personel kami libatkan, sisanya jaga mako (kantor, red) dan pengaturan lalu lintas di area longsor Km 17”, ujar Kapolsek Tugu, Iptu Bambang Purwanto, S.H, M.H.

Dengan berseragam lengkap dan sepatu boot, anggota Polsek Tugu sudah mempersiapkan diri membawa peralatan seperti cangkul, linggis dan sabit. Mereka berbaur bersama masyarakat menguruk tanah yang terlihat retak dan berlubang di sana-sini.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi ini berakhir menjelang sore hari. Namun kepuasan dan rasa terima kasih masyarakat terpancar dari raut sukacita mereka.

“Tidak ada yang menginginkan terjadi bencana, tapi kalau pun itu terjadi, ya Polri akan selalu siap membantu”, tandas Bambang.

Sementara itu di lokasi terpisah, jalur longsor di Km 16 dan 17 sudah dapat dilalui kembali. Arus lalu lintas juga terpantau lancar, beberapa personel dari Polsek Tugu juga masih bersiaga di lokasi untuk memantau perkembangan situasi di sana.

Titik longsor di sepanjang jalur Km 16 dan 17 sejak sore tadi terpantau lancar
Titik longsor di sepanjang jalur Km 16 dan 17 sejak sore tadi terpantau lancar

Semangat kepedulian yang ditunjukkan oleh jajaran Polsek Tugu merupakan gambaran profil Polri sesungguhnya, yang selalu hadir ditengah masyarakat. Hal tersebut selaras dengan program yang dicanangkan Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si bertajuk “Polisi Peduli Sesama” atau P2S yang bertujuan membangun kepekaan dan kepedulian anggota Polri terhadap sesama dan  lingkungan sekitar.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password