RUMAH SAKIT BHAYANGKARA JAMBI LULUS AKREDITASI DENGAN TINGKAT PARIPURNA

Polda Jambi – Rumah sakit Bhayangkara Jambi berhasil meraih predikat LULUS dengan tingkat “PARIPURNA” setelah dilakukan penilaian akreditasi rumah sakit versi 2012 oleh tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tanggal 17 s/d 19 November 2016.

Diraihnya akreditasi rumah sakit tingkat paripurna oleh rumah sakit Bhayangkara Jambi telah dinantikan sejak lama dan membutuhkan dukungan, semangat dan komitmen yang luar biasa dari seluruh manajemen dan staf RS Bhayangkara Jambi.

Di Indonesia baru ada 4 Rumah Sakit Bhayangkara yang paripurna, dari 8 Rumah sakit Bhayangkara yang mengikuti ujian Akreditasi kemarin, ada 3 Rumah sakit yang lulus PARIPURNA termasuk Jambi dan 5 RS. Bhayangkara yang lain lulus dengan tingkat “Dasar”.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Jambi Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp. PD membenarkan prestasi yang di raih Rumah Sakit Bhayangkara Jambi, dalam wawancaranya Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp. PD, menjelaskan keterangan terkait Akreditasi Rumah Sakit yang dipimpinnya tersebut.

“Akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan publik melalui suatu badan nasional akreditasi rumah sakit atas prestasi rumah sakit dalam memenuhi standar akreditasi yang diakui melalui suatu asesmen pakar sebar (peer) dan eksternal yang independen. Dengan demikian rumah sakit yang terakreditasi telah mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua yang ada di dalam rumah sakit termasuk sarana, prasarana serta prosedur yang dilakukan telah sesuai dengan standar yang berlaku” Beber Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp. PD.

“Berdasarkan tingkat kelulusan adalah dasar, madya, utama dan paripurna. Paripurna merupakan tingkat kelulusan tertinggi yang dapat diraih oleh rumah sakit. Rumah sakit dengan tingkat paripurna menunjukkan telah lulus terhadap 15 penilaian program kerja, diantaranya : akses dan kontinuitas pelayanan, manajemen pemberian obat, pendidikan pasien dan keluarga , dan keselamatan pasien”, tambahnya lagi.

Tujuan akreditasi diantaranya rumah sakit lebih menghormati hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra. Selain itu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien. Rumah sakit juga akan memiliki modal yang cukup untuk bernegosiasi dengan perusahaan asuransi kesehatan dan sumber pembayar lainnya dengan lengkapnya data tentang mutu pelayanan rumah sakit.

Akreditasi tingkat paripurna yang diperoleh RS Bhayangkara Jambi diharapkan tidak hanya sekedar visitasi dan selesai begitu saja. Keberlanjutan dalam mengimplementasikan semua standar secara konsisten diharapkan oleh segenap manajemen dan seluruh awak RS Bhayangkara Jambi yang ditunjukkan dengan penandatanganan komitmen bersama serta semangat yang terus dipupuk dan didukung sepenuhnya oleh manajemen untuk melaksanakan akreditasi. Diharapkan dari proses yang tengah berjalan ini mampu menghasilkan produk pelayanan kesehatan yang dapat diterima dan dinikmati masyarakat pengguna jasa pelayanan Rumah Bhayangkara Jambi.

Hasil akhir yang juga menjadi harapan kita semua adalah pelayanan kesehatan yang menjadi lebih baik lagi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas layanan. Pelayanan kesehatan di rumah sakit Bhayangkara Jambi akan terus diperbaiki mengingat semakin bervariasinya dan terjadi perubahan yang cukup cepat dalam dinamika masyarakat dan pelayanan kesehatan saat ini.

[Lilik Adhi Humas Polda Jambi]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password