Taruna Akpol dan Sejumlah Mahasiswa Jateng-DIY Deklarasi Lawan Hoaks

Tribratanews.polri.go.idSemarang. Sebanyak 610 taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan sejumlah mahasiswa perguruan tinggi Jawa Tengah dan Yogyakarta deklarasi melawan hoax menghadapi Pemilu 2019.

Deklarasi dilakukan di sela acara Seminar Antisipasi Hoax dalam Menghadapi Pesta Demokrasi 2019, di Gedung Serba Guna Akpol Kota Semarang, Jawa Tengah Rabu (06/02/19).

Gubernur Akpol, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel menyebutkan, hoax menjadi tema yang tepat menjelang ajang demokrasi lima tahunan di Indonesia. Para peserta yang tergolong kaum milenial serta pemilih pemula yang hidup di era digital harus jernih melihat informasi yang beredar.

“Dampak dari cepatnya arus informasi adalah mudah tersebarnya berita-berita bohong dan ujaran kebencian menggunakan media sosial. Para peserta harus memahami hal ini,” jelas Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Akpol mengatakan, beredarnya berita hoax di masyarakat memiliki dampak yang luar biasa. Dampak dari berita bohong tidak hanya merusak pemahaman seseorang atas suatu peristiwa, namun juga akan merusak sendi-sendi kehidupan nasional.

“Warga negara akan saling berhadapan antara satu dengan yang lainnya karena berita yang tidak benar. Proses demokrasi akan terganggu,” tegas jenderal bintang dua.

Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel. menjelaskan, seminar nasional seperti ini rutin digelar setiap tahun oleh taruna tingkat empat Akpol. Tema yang diangkat dipilih sesuai isu teraktual dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Menjadi pembicara dalam seminar ini Dosen Utama Akpol Adi Nugroho, Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat, Dir Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Albertus Rachmad Wibowo, dan Karo Multimedia Divhumas Polri Brigjen Pol. Budi Setiawan.
Sementara itu, Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Arief Sulistiyanto yang hadir menyampaikan keynote Speak mengatakan, semangat melawan hoax yang didapat peserta dalam deklarasi dan seminar ini dapat ditularkan mahasiswa lain di kampus asalnya.

“Jangan sampai mereka tercerabut dari akar budaya sebagai bangsa Indonesia karena terpengaruh dunia siber yang sangat komplek,” tutupnya.

(ym/sw/hy)

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password