Jembatan Holtekamp Papua Raih Dua Rekor MURI

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua Jayapura – Dua penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) diberikan kepada Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pelaksana pembangunan Jembatan Holtekamp Teluk Youtefa, di kota Jayapura, Papua, Rabu (21/2/2018).

Penyerahan penghargaan Rekor MURI itu bersamaan dengan lifting Center Span-1 Jembatan Holtekamp yang dilaksanakan perusahaan Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Hutama Karya (HK) dan PT Nindya Karya (NK).

Penghargaan pertama, Rekor MURI itu diberikan atas pengiriman rangka baja pelengkung bagian tengah secara utuh dengan jarak terjauh. Kedua, penghargaan diberikan atas pengangkatan dan pemasangan rangka baja jembatan dalam bentuk utuh terpanjang.

Rekor MURi ini diberikan karena baru pertama di Indonesia atau bahkan di dunia, pengiriman rangka baja box pelengkung terpanjang ini dilakukan dengan jarak jauh, yakni sejauh yaitu sejauh 3.200 km dari Surabaya menuju Papua. Rangka jembatan tersebut memiliki bentang 112,5 meter x 2 unit dan berat 2.000 ton, yang mana dirangkai oleh PT PAL.

Jembatan Holtekamp Papua Raih Dua Rekor MURI-

Manager MURI Andre Koandono mengatakan, ini menjadi inovasi baru dalam pengiriman kerangka baja jembatan yang muncul dari pembangunan jembatan Holtekamp yang dilaksanakan oleh perusahaan Konsorsium PT PP, PT HK, PT NK.

“Maka Kementerian PUPR mengusulkan agar inovasi ini dicatat sebagai sebuah rekor MURI untuk beberapa capaian inovasi yang belum pernah dilakukan oleh pihak lain untuk pekerjaan sejenis ini,” terang Andre.

Andre juga mengatakan, kalau pengiriman rangka jembatan baja secara utuh ini baru pertama kali terjadi di dunia. Biasanya rangka jembatan itu dikirim dan dipasang secara parsial, tetapi untuk jembatan Holtekamp ini bersifat utuh dari pabrik PT PAL di Surabaya.

“Pembuatan dan pengangkatan rangka baja jembatan ini baru pertama terjadi di Indonesia bahkan di dunia sekalipun, dan ini pengiriman pertama terjauh dan terberat. Sehingga kita wajar memberikan penghargaan,” jelas Andre.

Penulis: Rei

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password