Latihan Bersama TNI-Polri Mengamankan Pilgub 2018

 

Tribratanews.polri.go.id.polda Kalbar-Polres Sintang – Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pigub-Cawagub) 2018, betul-betul dipersiapkan dengan baik. Berbagai hal harus diantisipasi sejak dini, tak terkecuali potensi gangguan terkait keamanan dan ketertiban. Menyikapi hal itu, Polres Sintang dan jajaran TNI Korem 121/ABW di Kab. Sintang pun tampaknya tak mau kecolongan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) secara bersama-sama.

Latihan bersama dilaksanakan di halaman Mapolres Sintang, pada pukul 07.00 wib, Jumat (08/02). Latihan bersama ini diikuti oleh seluruh anggota Polres Sintang yang telah di Sprinkan sedikitnya berjumlah 217 personil dan dari TNI Korem 121/ABW sebanyak 70 Pers atau dua peleton yang dipersiapkan.“Latihan bersama dua institusi aparat keamanan ini untuk mewujudkan suasana kondusif saat pilgub 2018, ini juga sebagai bentuk Sinergitas dan Komitmen TNI-Polri dalam mengamankan, mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pilgub 2018 di Kabupaten Sintang,” kata Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, di sela pelaksanaan latihan bersama.

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Korem 121/ABW Sintang, yang telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti pelaksanaan latihan bersama itu.

“Ini adalah latihan bersama yang pertama kalinya di Sintang, dimana TNI-Polri bersama-sama menyatukan langkah dan persepsi dalam wujud gerakan Pengendalian Massa secara bersama. Ini sangat baik, selain untuk meningkatkan kemampuan, juga kekompakan anggota TNI dan Polri dalam menjaga dan mengamankan pilgub nanti,” ujarnya.

Latihal bersama ini juga akan terus digelar hingga beberapa hari kedepan dengan melibatkan sebanyak 217 anggota Polres Sintang dan 70 orang anggota TNI,” kata Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, SIK, MH, saat dikonfirmasi Metro Kapuas.

Dalam latihan bersama pertama ini, masing-masing personel menggunakan sarana dan prasarana seperti perlengkapan dalmas (Polri) dan PHH (TNI), nantinya setelah dilaksanakan latihan bersama maka akan digelarkan Simulasi System Pengamanan Kota (Sispam Kota-red) dengan melibatkan Sarana dan Prasarana yang sudah ada, mulai dari kendaraan roda dua, AWC, Flash Ball, Gihaphone Speaker. Ditegaskan Sudarmin, latihan bersama itu dalam rangka mempersiapkan semua personel yang terlibat dalam pengamanan Pilgub 2018. “Kita berharap pelaksanaan Pilgub di Kabupaten Sintang ini nanti bisa berjalan dengan baik, lancar dan aman. Tetap jaga kebersamaan dan kondisi wilayah kita yang sudah kondusif ini,” tegasnya.

Penulis: Hary
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password