Polsek Gane Timur Berhasil Mengamankan 60 ekor Burung Kakatua

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,  Kepolisian Sektor Gane Timur Polres Halmahera Selatan berhasil mengamankan 60 ekor burung kaka tua dan melakukan penangkapan terhadap Sdr Adri Awalo di kediamannya yang berada di Desa Batonam Kecamatan Gane Timur.

Penangkapan tersebut dipimpin langsung oleh  Kapolsek Gatim Iptu Wanda Dhira Bernard Sik, karena Sdr Adri diduga melakukan penangkapan dan penjualan Satwa Yang di Lindungi (Burung Kaka Tua), dalam penangkapan Kapolsek menemukan 27 ekor burung kaka tua dengan rincian   ( Kaka Tua Putih 9 Ekor, Kaka Tua Merah 5 Ekor, Kaka Tua Hijau 13 Ekor), 1 unit HP Merek Nokia 105, V10.01.11.

Barang bukti dan tersangka diamankan dan di lakukan pengembangan sehingga didapatkan  Informasi dari Sdr. Adri bahwa yang bersangkutan di perintahkan oleh Pembeli  Sdr. Ungke (orang Sanger  dengan harga Pembelian 1 Ekor Kaka Tua Putih sebesar Rp.250.000, sedangkan 1 Ekor Kaka Tua Hijau / Merah sebesar 100.000.

“Satwa yang dilindungi ini akan di beli oleh Sdr Ungke dengan harga Pembelian 1 Ekor Kaka Tua Putih sebesar Rp.250.000, sedangkan 1 Ekor Kaka Tua Hijau / Merah sebesar 100.000.” Ujar kapolsek.

Berdasarkan Hasil Pengembangan Kapolsek bersama Anggota bertolak menuju Polsek Saketa. Dan pada pukul 07.45 Wit bertempat di Jalan Raya menuju Pelabuhan Feri desa Saketa Kapolsek dan Anggotanya mengamankan Sdr. Lambertus Bilingan, yang berprofesi sbagai Orang kepercayaan dari Sdr.Ungke yang berdomisili di Sanger Prov. Sulut),  adapun hasil pemeriksaan dan penggeledahan di temukan barang bawaan antara lain: Uang Tunai Sebesar Rp 7.600.000, yang nantinya mau di lakukan transaksi pembayaran Burung Kaka Tua milik Sdr. Soni Warga Ranga-ranga. Dan juga ditemuka 45 buah Pipa Paralon yang akan di pergunakan untuk menyimpan burung yang di bungkus dalam Karung beras.

“Sdr Lambertus merupakan orang kepercayaan Sdr Ungke yang akan melakukan transaksi jual beli burung kaka tua.” Ungkap Iptu Wanda Dhira Bernard Sik.

Kapolsek bersama Anggotanya melakukan perjalanan ke Pesisir Pantai Gunug Batu Desa Tagia untuk melakukan penangkapan tersangka yang lain dan berhasil mengamankan burung kaka tua sebanyak 33 Ekor dengan Rincian Kaka Tua Hijau 15 (5 Mati 10 Hidup), Kaka Tua Merah 5 Ekor, Kaka Tua putih 13 Ekor. Dalam  Pengkapan Tersebut Tersangka sempat melakukan perlawanan kepada  Petugas dengan Mengeluarkan Parang, sehingga Anggota sempat melakukan tembakan peringatan sebanyak 2 Kali ke udara,  mendengar tembakan peringatan tersebut tersangka pun melarikan diri ke tengah hutan dan bersembunyi. Kemudian Kapolsek beseta Anggota melakukan pencarian dan berhasil menemukan tersangka atas nama Yansen Nius, 48 thn Tani, desa Ranga-ranga (Orang suruan Sdr.Soni asal Ranga-ranga).

Jumlah keseluruhan barang bukti Burung Kaka Tua yang di amankan sebanyak 60 Ekor dengan rincian  : Burung Kaka Tua Hijau sebanyak 28 Ekor, Burung Kaka Tua Merah sebanyak 10 Ekor,  Burung Kaka Tua Putih sebanyak 22 Ekor. Burung Kaka Tua Hijau yang Mati sebanyak 5 Ekor, sedangkan Burung Kaka Tua yang Hidup sebanyak 55 Ekor.

Kemudian tersangka dan barang bukti di serahkan kepada Kanit II Tipiter Reskrim Polres Halsel Ipda Kristovel S.Trk beserta Team, untuk dilakukan proses hokum selanjutnya.

Penulis             : Kapolsek Gane Timur Iptu Wanda Sik

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password