Di Sulsel, Prajurit TNI-POLRI Jalin Soliditas dengan Olahraga Triathlon

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Menyambut hari ulang tahun Korps Brimob yang ke-72, Satuan Brimob Polda Sulsel menggelar olahraga bersama “Triathlon” TNI-POLRI di Markas Komando Polisi Perairan Polda Sulsel, Selasa (31/10/17).

Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Mas Guntur Laupe didampingi oleh Dansat Brimob Kombes Pol. Drs. Adeni Muhan Daeng Pabali melepas olahraga bersama yang diawali dengan renang peregu ini.

Setelah renang peregu, tanpa jeda sedikit pun para prajurit abdi negara ini langsung melanjutkan dengan bersepeda menuju ke Tanjung Bunga Makassar dan finish dengan cara berlari ke Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulsel.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu lomba Triathlon, Triathlon atau sering disebut trilomba adalah sebuah kompetisi dari tiga cabang olahraga renang, sepeda balap, dan lari sekaligus yang harus diselesaikan atlet dalam satu kesatuan waktu secara berkesinambungan.

Seorang atlet harus bisa menyelesaikan tiga cabang olahraga sekaligus dalam satu kompetisi. Jika salah satu cabang olahraga tersebut tidak bisa dilewati, maka seorang atlet dianggap gagal.

Itulah alasan atau asal-usul kompetisi renang, sepeda dan lari ini dinamakan trilomba atau dalam bahasa Inggrisnya Triathlon yang artinya, tiga cabang lomba digabung dalam satu kompetisi sekaligus.

Sejarah Triathlon pertama kali ditemukan Scott Tinley dan digelar untuk pertama kali dalam sejarah di Negara Perancis pada tahun 1920. Dalam sejarah trilomba modern, kompetisi ini pertama kali diselenggarakan di Pelabuhan Mission San Diego tahun 1974.

Di Indonesia, masih sangat jarang kompetisi trilomba ini diadakan. Karena itu, masih banyak yang bertanya-tanya pengertian dari lomba Triathlon / Trilomba, mengingat kompetisi jenis ini masih jarang diadakan.

Kali ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Korps Brimob yang ke-65, Satuan Brimob Polda Sulsel menggelar olahraga bersama Triathlon yang diikuti sebanyak 110 peserta gabungan personil TNI dan POLRI.

“Kita adalah motor penggerak serta suri tauladan bagi masyarakat dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap jenderal berbintang satu ini dalam memberikan sambutannya.

Selain menyambut HUT Brimob, kegiatan ini juga sangat berdampak kepada soliditas antara TNI dan Polri khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password