Lahan Dibakar, Personil Polsek Sintang Kota Berjibaku Padamkan Api

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang, Berbagai upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran yang dapat menimbulkan musibah bencana asap dan lainnya telah dilakukan oleh Kepolisian Sektor Sintang Kota, baik melalui himbauan-himbauan oleh personil Bhabinkamtibmas maupun himbauan yang langsung dilakukan oleh Kapolsek Sintang Kota dan segenap personil lainnya.

Namun rupanya upaya himbauan yang dilakukan belum sepenuhnya dapat menyadarkan sebagian warga masyarakat yang memiliki kebiasaan membuka lahan untuk bercocok tanam dengan cara membakar, seperti yang terjadi pada jum’at 28/07/2017 mulai sekitar pukul 16.30 wib salah satu warga melakukan pembakaran lahan yang akan digarapnya.

Kapolsek Sintang Kota IPTU Ruslan A. Gani, SH. beserta anggotanya bersama-sama dengan karyawan/anggota pleton patroli api bentukan PT. Sintang Agro Mandiri (SAM) dan warga masyarakat berjibaku melakukan pemadaman api, alat yang digunakan untuk memadamkan api menggunakan mesin pompa air robin milik perusahaan.

Lahan milik sdr. Danil Visensius Abai als. Abai warga desa Tanjung Kelansam yang dibakar tersebut memiliki luas sekitar 1,5 hektar, sebelum dibakar pemilik terlebih dahulu melakukan penebangan pepohonan diareal lahan tersebut dan membuat sekat.

Api berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke areal lainnya sekitar pukul 20.00 wib, namun kepulan asap masih terlihat keluar dari areal lahan yang dibakar.

“Kami harap bapak tidak mengulangi perbuatan melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, beruntung api bisa dikendalikan dan dipadamkan. Jika bapak mengulangi lagi, Kepolisian tidak akan memberi toleransi lagi dan akan melakukan tindakan hukum terhadap bapak. Cuaca panas saat ini dan kondisi lahan yang kering sangat rawan terbakar dan menimbulkan kebakaran yang meluas, sehingga kami himbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran”, demikian IPTU Ruslan memberi himbauan dan peringatan kepada pemilik lahan.

Setelah diberikan peringatan secara lisan atas perbuatannya membakar lahannya, kemudian sdr. Abai diminta menanda tangani surat pernyataan tidak akan mengulangi melakulan pembakaran.

Lahan yang dibakar tersebut merupakan lahan milik pribadi sdr. Abai yang rencananya akan digunakan untuk menanam padi saat musim hujan tiba, lokasi lahan berdampingan dengan hamparan perkebunan sawit milik PT. SAM Rayon Klementia yang berada dalam wilayah RT. 03 dusun Tanjung Mulia desa Tanjung Kelansam kecamatan Sintang.

Meskipun api sudah terlihat padam namun asap yang masih mengepul menandakan masih terdapat bara api, maka Kapolsek meminta pemilik lahan untuk stand by dilokasi lahannya guna memastikan api tidak berkobar lagi.

Penulis : Har/Tino
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password