Polres Sidrap Amankan Puluhan Motor Balap Liar

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Pada Bulan ramadhan, bukannya melaksanakan ibadah malah justru dipergunakan oleh para remaja ini melakukan hal hal yang mengganggu ketertiban warga dan pengguna jalan yaitu aksi balapan liar.

Mengetahui adanya balapan liar tersebut, personil gabungan Polres Sidrap yang dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Galigo Suryadi, SH menuju lokasi dan kemudian menindak pelakunya serta mengamankan puluhan jenis sepeda motor, sabtu sore (10/6/17).

Kapolres Sidrap melalui Kasat Sabhara AKP Galigo membenarkan kejadian aksi balapan liar tersebut dan telah melakukan tindakan Kepolisian kepada para pelaku.

“Ya, kami terima informasi bahwa dilokasi kejadian yaitu di jalan Poros masuk Teteaji Kelurahan Amparita dijadikan ajang aksi balapan liar, sehingga kemudian saya mengumpulkan anggota, dan memberikan pengarahan terkait tekhnis yang dilakukan dilapangan setelah itu berangkat menuju lokasi” ujar Galigo.

“Saat dilokasi, beberapa pelaku ini langsung melarikan diri, namun kami berhasil mengamankan puluhan kendaraan sepeda motor yang semuanya tidak dilengkapi alat kelengkapan sesuai standar yang ditentukan dan sebagian pelaku tidak dapat menunjukkan STNK dan SIM” tambahnya.

Dari pantauan di halaman Mapolres Sidrap, puluhan kendaraan sepeda motor dari berbagai merek ini dijejer rapi dan sebagian besar tidak dilengkapi dengan kaca spion, nomor polisi serta menggunakan knalpot racing.

“Aksi balapan liar seperti ini akan terus kami tindak, karena selain melanggar peraturan yang ada juga membuat para warga serta pengguna jalan lainnya terganggu” tutup Galigo.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi
ke komunitas, sekolah dan masyarakat.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan sosial

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Bara

Editor : Astuti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password