Bhabinkamtibmas Sebagai “Presentasi Negara di Lapangan”

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Landak – sebagai wujud adanya Negara di tengah-tengah Masyarakat maka kepolisian membentuk pionir-pionir handal di lapangan yang disebut Bhabinkamtibmas. Seorang Bhabinkamtibmas adalah personil Polri yang mempunyai keterampilan dan menguasai hampir semua fungsi umum yang ada di Kepolisian. Adapun tugas seorang Bhabinkamtibmas selain harus mampu berbicara / memberikan penyuluhan, seorang Bhabinkamtibmas juga harus mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang di jumpai dalam masyarakat dan masih banyak lagi tugas-tugas mulia lainnya.

Kita ambil contoh Polsek Mempawah Hulu saat ini hanya memiliki 4 orang Bhabinkamtibmas yang mana mereka semua harus meng-cover 24 desa, bisa dibayangkan betapa sibuknya aktifitas dari ke 4 orang Bhabin tersebut.
Namun Demi tugas mulia ini mereka tidak mengeluh karena mereka sadar bahwa kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat adalah bukti adanya Negara yang mengayomi rakyatnya.

Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Narko Deantoro saat di temui di Polsek mengatakan tugas keseharian Bhabinkamtibmas Polsek yang ditempatkan di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Mempawah Hulu adalah melakukan kunjungan rutin/sambang ke warga dengan memberikan penyuluhan hukum serta berperan sebagai “Dokter” tempat berkonsultasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat guna mencari solusi pemecahannya.

“Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Mempawah Hulu desa Mentonyek Brigadir Polisi Riswantoro melaksanakan Sambang ke Kantor Desa Mentonyek kemarin (6/7/17) bertepatan dengan adanya Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) terkait masalah penertiban hewan ternak. Sebagai seorang Bhabin, Riswantoro dituntut harus mampu memberikan pendapat serta solusi terbaik kepada masyarakat desa sehingga bisa diterima oleh seluruh warga.” Ujar Narko.

Penulis: Napoleon
Editor: Umi Fadillah / Sugeng HS
Publish: Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password