PENIPUAN VIA TELEPON : Kanit Binmas Polsek Mrebet Selamatkan Uang Korban

img-20170104-wa0140
Tribratanews.polri.go.id – Polres Purbalingga, Kanit Binmas Kepolisian Sektor Mrebet Aiptu Ismaun berhasil menggagalkan percobaan penipuan saat korbannya akan mentransfer sejumlah uang di ATM BRI Unit Mangunegara, Kecamatan Mrebet, Rabu (4/01/2017).
Aiptu Ismaun mengatakan, awalnya ia bersama Kasi Humas Aiptu Riyadi melaksanakan patroli rutin dan sambang ke Kantor BRI Unit Mangunegara. Pada saat sampai di depan bank tersebut, pihaknya menjumpai seorang perempuan yang berada di ruang ATM sudah cukup lama sambil berkomunikasi menggunakan telepon genggam.
Kemudian orang tersebut keluar dari ATM, namun masih menggunakan telepon genggamnya tampak sedang berbicara dengan seseorang. Karena curiga, kemudian Aiptu Ismaun menyapa dan bertanya kegiatan yang sedang dilakukan di ATM sampai lama.
Ternyata yang bersangkutan sedang menunggu transfer uang dari anaknya, dan uaang dari anaknya tersebut rencananya akan ditransfer kembali kepada seseorang yang tadi sudah menghubungi lewat telepon dan menjanjikan akan memberi hadiah uang yang cukup besar nilainya.
Selanjutnya Kanit Binmas memberikan himbauan bahwa iming-iming mendapat hadiah dengan harus mengirimkan uang terlebih dahulu biasanya adalah penipuan. Kemudian diyakinkan agar waspada dan jangan terpengaruh omongan dari si penelepon.
Tidak berapa lama penelepon tadi menghubungi kembali. Pada kesempatan tersebut telepon diserahkan dan diambil alih oleh Kanit Binmas. Setelah ditanya asal usul dan kejelasan terkait hadiah telepon kemudian langsung diputus.
Atas upaya yang dilakukan Aiptu Ismaun akhirnya perempuan yang bernama Suwati (43) warga Desa Cipaku RT. 02/ RW 03 Kecamatan Mrebet menyadari kesalahannya. Dengan demikian tindak pidana penipuan melalui telepon dapat digagalkan.
Atas kejadian tersebut Aiptu Ismaun menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga masyarakat agar berhati-hati saat mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal dengan iming-iming mendapat hadiah. Karena kemungkinan besar adalah tindak penipuan. Apabila ada undian ataupun hadiah yang resmi biasanya pemenang diumumkan lewat media cetak ataupun elektronik tidak lewat telepon.
(Humas Polres Purbalingga)

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password