Kabid Humas Polda DIY Mengajak Nitizen Untuk Lawan Hoax

Tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Menanggapi isu yang menyebar tentang penculikan anak pada akhir-akhir ini sungguh meresahkan nitizen, tidak hanya Yogyakarta, namun juga nitizen lainnya. Banyak yang membagikan informasi, namun belum tentu kebenarannya dan terkadang dibumbui oleh gambar atau foto yang terjadi diluar Indonesia, seakan-akan foto tersebut terjadi di wialayah kita.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, SIK, M.Sc., saat seusai serah terima jabatan di Gedung Serba Guna Polda DIY kepada juru pewarta TribrataNews menyampaikan bahwa di era modern saat ini, adanya kebebasan dalam menyampaikan pendapat di media sosial. Perlunya bagi warga nitizen untuk dapat memilah informasi yang didapat dan mengkroscek kebenarannya. “Jangan terlalu percaya dengan informasi hoax, apabila kita menyebarkan berita hoax, secara tidak langsung justru dapat membuat semakin resah”, jelasnya, Rabu (22/3/2017).

Lanjut Kabid Humas menambahkan berpesan kepada masyarakat luas untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang belum tentu keberannya. Beliau juga memberikan tips kepada netizen untuk melawan hoax yakni BACA informasi secara utuh (lihat lebih detail dan teliti muatan isinya), TANYAKAN kepada penyebar informasi dari mana asal informasi tersebut, CEK sumber informasi (apakah dari media yangkredibil), dan PASTIKAN melalui search engine apakah ada informasi yang sama.

Penulis : jay-Dheny
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password