Kapolda Bersama Pangdam III/Siliwangi Dampingi Gubernur Jabar Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020
(sm/bq/hy)
Selasa, 24 November 2020 - 00:00 WIB

bandung - Tribratanews.polri.go.id - Bandung. Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., bersama Pangdam III/SLW Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.H., M.M, QIA., mendampingi Gubernur Provinsi Jawa Barat H.M. Ridwan Kamil., S.T., M.U.D. melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada serentak 2020 yang bertempat di Lapangan Apel Mapolda Jabar, Selasa(24/11/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Tiga Pilar Provinsi Jawa Barat yaitu Pemerintah, TNI serta Polri. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kesiapan pemerintah menjelang Pilkada serentak Tahun 2020 terkhusus diwilayah Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Jabar mengatakan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan operasional dan Personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Bawaslu, KPU serta segenap unsur yang terlibat. Adapun maksud digelarnya kegiatan apel tersebut adalah untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta instansi terkait sebelum diterjunkan ke lapangan, sehingga perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, aman, tertib dan lancar.

Selain itu, Kapolda Jabar juga menambahkan Pemilihan Kepala Daerah yang akan digelar pada 9 Desember 2020 pada 7 Kabupaten (10 Wilkum Polres jajaran Polda Jabar), dengan melibatkan kekuatan personel pengamanan sebanyak 7.978 personel termasuk personel BKO sebanyak 4.864 personel yang terdiri dari 2.773 personel Polri dan 2.091 personel TNI. Dengan harapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan dengan sehat, aman, damai dan tentunya tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," tambah Gubernur Jabar.

"Semoga dengan digelarnya apel gelar pasukan ini agar seluruh jajaran Polda Jabar senantiasa dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan para pemangku kepentingan terkait dalam menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan dan melakukan koordinasi yang baik dengan Paslon peserta Pilkada untuk membangun komitmen guna terselenggaranya Pilkada yang tertib protokol kesehatan," tambah Kapolda Jabar.

"Saya berharap semua yang dilakukan diniatkan sebagai ibadah, tetap menjaga Kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, jaga netralitas, ajak paslon dan tokoh parpol untuk meredam adanya kerumunan massa, petakan kerawanan serta lakukan pengamanan secara professional dan bangun kepercayaan publik. Selain itu kehadiran Polri dan TNI akan mendukung sepenuhnya kebijakan Satgas Covid-19 terkait penanganan disiplin protokol kesehatan mulai sifatnya tegoran, himbauan sampai tiba diperlukan penegakan hukum yang lebih tegas,” tutup Kapolda Jabar.

(sm/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar