Polda Kalteng Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla
Admin Humas
Minggu, 05 Juli 2020 - 13:22 WIB
Polda Kalteng Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla

Tribratanews.polri.go.id - Palangka Raya. Polda Kalimantan Tengah menggelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan karhutla tahun 2020 di Mapolda, Palangka Raya, Rabu (04/07/2020).

Apel gabungan tersebut dipimpin Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dengan didampingi Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M, dan Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Kabinda Provinsi Kalteng Brigjen Urip Widodo.

Dalam amanatnya Gubernur menyampaikan, wilayah Provinsi Kalimantan Tengah memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana. Salah satu bencana yang sering terjadi adalah kebakaran hutan dan lahan, yang sudah menjadi agenda tahunan.

“Dampak dari kebakaran hutan dan lahan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kalimantan Tengah saja, akan tetapi juga dirasakan oleh masyarakat di provinsi lain bahkan sampai ke negara tetangga,” ungkap Gubernur.

Melalui apel kesiapan ini diharapkan adanya kekuatan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sehingga siap untuk diterjunkan ke lapangan ketika musibah itu benar-benar terjadi.

Selain itu, Gubernur juga mengatakan upaya penanggulangan karhutla di provinsi Kalteng, harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI-Polri serta stake holder maupun potensi masyarakat lainnya, dan bertindak sebagai leading sector adalah badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) yang ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Usai melaksanakan apel siaga karhutla, Gubernur didampingi Kapolda dan Danrem melaksanakan pengecekkan sarana dan prasarana kesiapan penanggulanan karhutla, dan dilanjutkan dengan peragaan penanganan kathula oleh personel Satbrimob, Ditsamapta, Ditkrimsus Dan Personel TNI Korem 102/Panju Panjung dibawah pimpinan Kasubbinlatops Iptu Mamang Kuncoro, S.H yang berlokasi di jalan dulin kandang kota palangka raya.

(ds/ba/hy)

Bagikan Artikel Ini:

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar