Polda Jatim Bangun Beragam Inovasi Guna Tingkatkan Layanan Masyarakat
(wm/bq/hy)
Senin, 01 Maret 2021 - 14:46 WIB
Polda Jatim Bangun Beragam Inovasi Guna Tingkatkan Layanan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id. – Surabaya. Guna meningkatkan pelayanan masyarakat, Polda Jatim melakukan sejumlah terobosan baru. Di antaranya aplikasi e-kesehatan SIM, Mentalku, aplikasi perpanjangan SIM Online Delivery lalu aplikasi ujian teori SIM online, aplikasi pengesahan tahunan link di layanan Samsat terdekat. Kemudian e-SKM (Survey Kepuasan Masyarakat) dan aplikasi CARE.

 

Kapolda Jatim, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., menyatakan, sejumlah program yang akan diuji cobakan mulai Senin (1/3/2021) ini. Selain itu, dalam penegakan hukum lalu lintas (lalin), ada Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik dan Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

 

"Perangkat INCAR sendiri akan dipasang di mobil lantas dan dapat merekam semua jenis pelanggaran," ungkap Kapolda.

 

Selain itu, Kapolda juga menjelaskan tujuan diluncurkannya INCAR ini sebagai upaya untuk mengurangi interaksi polisi dengan masyarakat. Hal ini sesuai dengan program Presisi dari Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 

 

"Tak hanya merekam, INCAR juga mampu mendeteksi wajah dan plat nomor kendaraan masyarakat yang melanggar. Dari situ, data yang muncul akan terkoneksi dengan sistem yang ada," tambah Kapolda.

 

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim  Kombes Pol. Latif Usman, S.I.K., M.Hum., menambahkan bahwa, salah satu inovasi Polda Jatim adalah pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), yang dilakukan secara online. Untuk memperpanjang SIM, masyarakat tidak perlu lagi datang ke gerai lalu lintas. Cukup dengan aplikasi, semuanya sudah bisa terlayani.

 

"Pengurusan SIM bisa dilakukan melalui smartphone. Masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM tinggal mengunduh aplikasi yang saat ini sedang disiapkan," ungkapnya.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.