PPKM Mikro, Kehadiran Polisi Diyakini Bisa Tingkatkan Disiplin Masyarakat
(fb/bq/hy)
Selasa, 16 Februari 2021 - 10:41 WIB
PPKM Mikro, Kehadiran Polisi Diyakini Bisa Tingkatkan Disiplin Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Anggota Satuan Reserse Kriminalitas (SATRESKRIM) Polres Metro Jakarta Pusat bersama Super Hero membagikan masker dan multivitamin kepada masyarakat di sekitar Senen, Jakart.

Kapolri meminta kepada jajaran agar terus bersinergi dengan TNI dan tenaga kesehatan dalam mengawal PPKM berbasis mikro dinilai tepat. Pasalnya, keterlibatan polisi dalam mengawal PPKM Mikro diyakini bisa efektif menekan kasus positif Covid-19.

Karena Polisi bisa mengetahui lingkungan dan lebih dekat untuk memberikan pengawasan terhadap upaya pencegahan Covid-19. Kehadiran polisi juga diharapkan membuat masyarakat merasa terlindungi.

"Polisi hadir di tengah masyarakat dalam program pengendalian Covid-19 itu adalah langkah tepat karena Kepolisian memang diharapkan bisa lebih mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat. Jadi, saya kira langkah-langkah itu memang diperlukan untuk saat ini dalam rangka mencegah Covid-19," jelas Komisi III DPR Wihadi Wiyanto.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Sari Yuliati menjelaskan bahwa penugasan Polri untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 diatur dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020. dalam Telegram Kapolri Nomor ST/183/II/Ops.2./2021 Poin 3, anggota Polri ditugaskan melakukan edukasi dan sosialisasi secara masif agar masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan terutama 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

"Ini adalah ikhtiar dari pemerintah dengan menggerakan semua perangkat yang ada untuk menekan penyebaran Covid-19. Sehingga ini bukan hanya langkah preventif dalam menangani Covid-19, tapi juga merupakan langkah edukatif dan antisipatif dari Polri dalam menerjemahkan Instruksi Presiden,” jelas anggota Komisi III DPR Sari Yuliati.

Anggota DPR RI berharap peran para kepala satuan teritorial maupun satuan non teritorial benar-benar terlibat dalam manajemen emosi anggota Polri yang bertugas di lapangan.

(fb/bq/hy)

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.