Polda Kalsel Paparkan Materi Bahaya Paham Radikal Tentang Intoleransi dan Terorisme
(fn/bq/hy)
Sabtu, 13 Februari 2021 - 10:27 WIB
Polda Kalsel Paparkan Materi Bahaya Paham Radikal Tentang Intoleransi dan Terorisme

Tribratanews.polri.go.id - Banjarmasin. Upaya-upaya penguatan pemahaman agar dapat menangkal paham-paham radikal, intoleransi dan terorisme penting bagi setiap masyarakat di Indonesia.

Namun bagi kalangan pemuda khususnya jenjang mahasiswa, pemahaman ini menjadi semakin krusial.

Topik ini pula yang disampaikan Kanit 1 Subdit Keamanan Khusus (Kamsus) Direktorat Intelkam Polda Kalsel, Kompol I Wayan Suardiyasa saat menjadi pemateri dalam Pelatihan Kader Lanjut II Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjarmasin, Jumat (12/2/2021).

Digelar di Asrama BKD Kota Banjarmasin, Jalan Kayu Tangi 2, Kota Banjarmasin, dihadapan kurang lebih 40 kader PMII peserta pelatihan, Kompol I Wayan Suardiyasa membeberkan bahaya dari paham radikal yang berkaitan dengan intoleransi dan terorisme.

Kanit 1 Subdit Kamsus Direktorat Intelkam Polda Kalsel, paham radikal cenderung bisa lebih mudah merasuki kalangan anak muda karena anak muda khususnya mahasiswa cenderung memiliki sikap kritis.

Radikalisme juga disebut memiliki sejumlah cara untuk mengelabui pemuda dalam bentuk dan wujud yang bermacam-macam.

Contohnya masuk melalui jalur-jalur organisasi masyarakat, lembaga keagamaan bahkan melalui sekolah-sekolah.

"Karena ancaman radikalisme saat ini luar biasa. Mereka berbagai macam bentuk berbagai macam wujud dengan cara yang di luar nalar kita. Lewat ormas dia masuk, lewat lembaga keagamaan, lewat sekolah-sekolah yang notabene perlu diwaspadai bersama," jelas Kanit 1 Subdit Kamsus Direktorat Intelkam Polda Kalsel.

Para kader PMII peserta pelatihan diharapkannya dapat meneruskan pemahaman yang didapatkan kepada keluarga dan komunitasnya masing-masing untuk bersama menangkal paham radikal, intoleransi dan terorisme.

"Disampaikan juga ke keluarga dan komunitas bahwa betapa berbahayanya paham radikal untuk kelangsungan berbangsa dan bernegara," jelas Kanit 1 Subdit Kamsus Direktorat Intelkam Polda Kalsel.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.