Siap Amankan Distribusi Oksigen Bagi Rumah Sakit, Polda NTT Kerjasama Dengan PT. AGI TBK
(wm/bq/hy)
Minggu, 31 Januari 2021 - 17:00 WIB
Siap Amankan Distribusi Oksigen Bagi Rumah Sakit, Polda NTT Kerjasama Dengan PT. AGI TBK

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., berkomitmen mendukung upaya yang dilakukan PT. Aneka Gas Industri Tbk (AGI) untuk memasok oksigen di Kota Kupang dan NTT.

PT. AGI Tbk sendiri merupakan produsen gas industri dan medis yang terbesar di Indonesia dengan total jaringan yang terdiri atas 44 pabrik dan 104 cabang.

"Polda NTT siap amankan distribusi oksigen tersebut," ujar Kapolda NTT, Minggu (31/1/2021).

Kapolda NTT sudah menerima kunjungan Direktur Sales Operation dan Nurhabidah General Manager wilayah Jatim, Bali dan NTB beberapa waktu lalu.

"Semoga dengan adanya cabang baru di kota Kupang dapat melayani kebutuhan oksigen dan gas medis di wilayah NTT," ujar Kapolda NTT.

Pemerintah daerah dan manajemen rumah sakit di NTT saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan antisipatif karena terdapat lonjakan permintaan tabung oksigen dari rumah sakit-rumah sakit di Kota Kupang.

Saat ini, ada kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Beberapa rumah sakit melaporkan kehabisan tangki oksigen dan peningkatan permintaan berkali-kali lipat karena peningkatan jumlah pasien covid-19 yang tajam.

Total kebutuhan oksigen harian dari 12 rumah sakit di Kota Kupang mencapai 450 hingga 500 tabung. Sementara itu, kemampuan suplayer oksigen di Kota Kupang hanya mampu menyediakan sebanyak 200 hingga 250 tabung dalam sehari.

Jika kondisi tersebut terus berlangsung maka untuk sementara rumah sakit tidak bisa menerima pasien UGD lagi, karena pasien dengan kondisi berat membutuhkan oksigen, sementara ketersediaan oksigen di rumah sakit tidak memadai.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.