Tingkatkan SDM Polri, Polda Metro Bentuk Aplikasi SIGAP
adminpolri
Selasa, 09 Juni 2020 - 10:26 WIB
Tingkatkan SDM Polri, Polda Metro Bentuk Aplikasi SIGAP

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Memasuki era revolusi industri Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa Indonesia harus bisa menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompetensi tinggi. Seiring dengan itu, Polda Metro Jaya juga berupaya meningkatkan kemampuan SDM melalui Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido. Dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan siswa calon polisi melalui sistem pembelajaran yang komprehensif.

Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya Kombes Pol. Aloysius Supriyadi, S.I.K., M.H., menjelaskan, setiap tahun sebanyak 500 hingga 1.000 siswa menjalani pendidikan dan penggemblengan sebagai calon bintara Polda Metro Jaya di SPN Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

"Kekuatan organisasi Polri terletak pada kekuatan sumber daya manusia yang melaksanakan tugas pokok fungsi dan peran Polri di masyarakat," jelas Ka SPN Lido, Senin (8/6/2020).

Untuk peningkatan kualitas staf pengajar dan siswa calon bintara Polri itu, pihaknya bersama Koordinator Tenaga Pendidik (Koorgadik) SPN Lido Polda Metro Jaya AKBP Andi Sinjaya Ghalib menggagas aplikasi 'SIGAP PROMOTER SPN PMJ'.

Ka SPN Lido menjelaskan aplikasi SIGAP tersebut, bermula dari ide cara mendongkrak integritas para calon bintara Polri sesuai visi dan visi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si., melalui program promoter khususnya untuk mewujudkan pemberdayaan kualitas SDM Polri yang profesional dan berkompeten.

Dengan menciptakan sistem pembelajaran bagi tenaga pendidik maupun siswa calon bintara Polri agar bisa berlangsung secara interaktif dan mobile sehingga efektif dan efisien untuk mencapai target yang dituju. Hal tersebut seiring dengan komitmen dan penekanan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sujana menjadikan Polda Metro Jaya sebagai pelopor inovasi untuk kepentingan masyarakat dan institusi Polri, serta mewujudkan pengembangan kapasitas diri setiap anggota sesuai tantangan global menuju revolusi industri 4.0.

"Untuk menciptakan generasi muda Polri di level bintara Polri yang handal dan memiliki kompetensi, serta karakter yang kuat SPN Polda Metro Jaya menginisiasi aplikasi SIGAP," terang Ka SPN Lido.

Fungsi Aplikasi SIGAP
Program aplikasi SIGAP ini berbasis digital yang memiliki prinsip "Simplifying Interacting Evaluating" atau evaluasi sederhana interaktif sehingga memudahkan seluruh akses bagi pihak terkait pada proses pembelajaran di SPN.

Pemanfaatan teknologi pada proses belajar mengajar berbasis teknologi itu dapat berkelanjutan dan lebih berkualitas, serta selaras dengan program sistem informasi pendidikan dan latihan (SIPL) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Sehingga menjamin terlaksananya program pendididikan sesuai kurikulum dan aturan yang berlaku guna tercapainya kualitas polisi sesuai profil kelulusan yang diharapkan.

"Dalam menginput nilai yang dihasilkan melalui proses yang terukur dan transparan," terang Ka SPN Lido.

Selanjutnya, pihaknya telah merancang aplikasi SIGAP sebagai solusi mengatasi permasalahan pembelajaran di SPN melalui pembagian tugas tenaga pendidik untuk menghindari kelas kosong dan mempermudah menyusun jadwal mengajar.

Selanjutnya, terdapat forum diskusi, meminimalisir kelalaian siswa yang tidak menyimak dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Selain itu, ada menu bahan mengajar dari tenaga pendidik berbasis digitalisasi, kuesioner sistem untuk menilai tenaga pendidik pada sistem aplikasi SIGAP.

Aplikasi itu juga memuat halaman tugas dilengkapi sistem notifikasi dan jadwal terakhir pengumpulan tugas untuk mengingat siswa mengenai bahan pelajaran yang akan dipelajari.

Ada juga tampilan sistem absensi elektronik menggunakan teknologi kode bar (barcode) pada ruangan Kepala SPN untuk absensi tenaga pendidik.

Terakhir, menu jaringan "hotline" siswa calon bintara Polri untuk berkomunikasi dengan pimpinan atau pejabat utama terkait pembelajaran dan pengasuhan.

Ia berharap, aplikasi SIGAP menjadi langkah solutif dalam menghadapi tantangan global era industri 4.0 untuk membantu mencetak personel Tribrata yang profesional, modern dan berintegritas sesuai arahan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya.

(wm/bq/hy)

BERITA TERKAIT
0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar