Sebanyak 23.000 Personel Amankan Libur Panjang Natal dan Tahun Baru di Jawa Barat
(bg/bq/hy)
Senin, 21 Desember 2020 - 09:35 WIB
Sebanyak 23.000 Personel Amankan Libur Panjang Natal dan Tahun Baru di Jawa Barat

Tribratanews.polri.go.id - Cirebon. Sebanyak 23.000 personel gabungan dari Polri, TNI, dan dinas perhubungan (dishub), serta unsur lain dikerahkan untuk mengamankan libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan personel gabungan itu ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, Polda Jabar dan jajaran mengerahkan 18.000 personel dan ditambah 5.000 personel TNI, dishub, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan dinkes untuk mengamankan libur Nataru di Jawa Barat.

Irjen Pol Ahmad Dofiri juga mengatakan, terdapat tiga prioritas dalam pengamanan libur Natal dan tahun baru, terutama dalam pengaturan lalu lintas. Ketiga prioritas tersebut yakni, jalur tol seperti Cipali dan Cipularang, jalur arteri pantura dan selatan, dan terakhir jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Puncak, Bogor. "Itu menjadi fokus perhatian kami dalam pengaturan arus lalu lintasnya," jelasnya seusai berkunjung ke Mapolresta Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (20/12/20).

Kapolda menambahkan bahwa yang paling penting di masa pandemi Covid-19 ini, di rest area supaya tidak terjadi kerumunan masyarakat yang beristirahat di situ, wajib menerapkan protokol kesehatan. "Misalnya, kapasitas hanya 50 persen. Tempat duduk di penjual makanan diatur sedemikian rupa, sehinggga tidak terjadi kerumunan di kawasan itu," terangnya.

Jenderal Bintang Dua tersebut menuturkan, Kepolisian melarang masyarakat merayakan malam tahun baru nanti karena khawatir terjadi kerumunan yang berpotensi menyebarkan Covid-19. "Masyarakat diimbau merayakan tahun baru di rumah saja," jelas Kapolda.

(bg/bq/hy)

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.