Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT, Korlantas Polri Gelar Expo IT Road Safety Expo 2020
(bg/bq/hy)
Kamis, 26 November 2020 - 11:12 WIB
Inovasi Pelayanan Publik Berbasis IT, Korlantas Polri Gelar Expo IT Road Safety Expo 2020

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Korlantas Polri secara perdana menyelenggarakan Pameran dan seminar Expo IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, dilangsungkan selama tiga hari 24-26 November 2020. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, M.H,. didampingi Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, melihat langsung sistem aplikasi dan teknologi yang dipamerkan. “Aplikasi-aplikasi dan data kita yang kita sampaikan tadi rata-rata sudah 90 persen jadi semua dan tinggal mengaplikasikan saja,” jelasnya di Aula Djajoesman Korlantas, Jakarta, Selasa (24/11/20).

Kakorlantas mengatakan, untuk hal-hal program dalam sistem tinggal proses peningkatan dan penyempurnaan. Ditargetkan akhir tahun ini selesai semua. “Cita-cita besar mengkoneksikan data dengan institusi terkait. Ujungnya kita mendapatkan informasi secara komprehensif dilapangan, juga untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dilapangan, juga ujungnya untuk melayani masyarakat bahkan memudahkan pelayanan masyarakat tentang masalah lalu lintas,” terangnya.

Irjen Pol Istiono juga menyampaikan bahwa pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Pembangunan IT di road safety ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kakorlantas menjelaskan sistem jaringan yang dibangun dan operasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standar: cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

Dan di masa pandemi ini, pihak Korlantas sangat mendorong berbagai inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Sehingga mampu mengurangi kerumunan orang datang ke tempat lokasi pelayanan Polantas. "Saya harapkan tahun depan pameran ini terus digelar dan dikembangkan. Hari ini kita laksanakan dengan protokol COVID-19, peserta yang hadir hanya 50 orang dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa melakukan pameran ini dengan maksimal karena IT perkembangannya sangat cepat," terang Kakorlantas.

(bg/bq/hy)

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.