Kapolda Pimpin Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah
(sm/bq/hy)
Jum'at, 06 November 2020 - 14:49 WIB
Kapolda Pimpin Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah

Tribratanews.polri.go.id - Palu. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen. Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, S.H., memimpin kegiatan apel konsolidasi dalam mengantisipasi bencana alam yang dilaksanakan di halaman Mapolda Sulawesi Tengah, Jumat(06/11/2020).

Turut hadir dalam kegiatan apel konsolidasi tersebut diantaranya unsur forkopimda Sulawesi Tengah, Wakapolda Sulteng, Pejabat Utama Polda Sulteng, Kadis PU Binamarga Prov. Sulteng, Kadis Perhubungan Prov. Sulteng, Kepala BNPP Sulteng, Kepala BPBD Sulteng, Kepala BMKG Sulteng, Kasatpol PP Provinsi dan Kota Palu, Dandim 1306 Donggala, Dandenpom XIII/2 Palu, Kaden Angkatan Udara Palu, Ketua PMI Sulteng dan Ketua ORARI Sulteng.
Kapolda Pimpin Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah

Dalam sambutannya, Kapolda Sulteng mengatakan bahwa dalam pelaksanaan apel konsolidasi, dalam menghadapi kerawanan dan potensi bencana yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam. Adapun tujuan dilaksanakannya apel konsolidasi ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan petugas maupun masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2020 sekaligus untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam di wilayah Sulawesi Tengah.

"Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait datangnya Badai La Nina diakhir tahun 2020 ini diprediksi akan terjadinya intensitas curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang berdampak terjadinya curah hujan yang tinggi, bencana banjir, cuaca ekstrim, dan longsor, untuk itu perlu kewaspadaan dari kita semua. Oleh karena itu saya mengharapkan kepada seluruh peserta apel agar selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), wilayah pantai maupun yang tinggal di wilayah perbukitan untuk selalu waspada dan siaga, serta sudah membuat perencanaan- perencanaan awal dalam pelaksanaan evakuasi mandiri, untuk menghindari resiko korban jiwa maupun harta benda," tambah Kapolda Sulteng.

“Saya berpesan kepada seluruh personel yang tergabung dalam apel ini agar segera mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang siap operasional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan penuh integritas, tulus, ikhlas dan loyalitas serta bertanggungjawab,” tutup Kapolda Sulteng.

(sm/bq/hy)

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.