Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Polri Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek
Admin Humas
Jum'at, 23 Oktober 2020 - 07:30 WIB
Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Polri Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Korps Lalu Lintas Polri memprediksi akan terjadi lonjakan arus lalu lintas saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober-1 November 2020. Untuk mengantisipasi hal tersebut Aparat Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengurangi potensi kemacetan.

“Sudah kita persiapkan. Beberapa kali kita rapat dengan Jasa Marga, Dinas Perhubungan, tol, untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas,” terang Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol. Rudy Antariksawan saat dikonfirmasi, Kamis (22/10/20).

Kombes Pol. Rudy Antariksawan memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 28 Oktober. Jalur yang akan ramai diperkirakan mengarah ke Jawa melalui tol, dan ke arah Sumatera melalui pelabuhan Merak, Banten.

“Sudah kita siapkan untuk rekayasa Lalin. Nanti ada penerapan contra flow (lawan arus). Kalau jalur ke sana padat, kita ambil lajur arah Jakarta kita contra flow,” Kabagops Korlantas Polri. Sistem contra flow akan dilakukan dilakukan dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Titik tersebut diprediksi akan menjadi bottle neck karena ada pertemuan antara Tol Elevated II dan jalur bawah.   Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Polri Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek
“Kembalikan lagi, ada arah yang ke Bandung di KM 66. Kalau masih padat kita terapkan mulai KM 31. Nanti pulangnya sama dari KM 61 sampai ke 47,” jelas Perwira Korlantas Polri .

Kombes Pol. Rudy Antariksawan menuturkan bahwa pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengatur pelarangan truk sumbu 3 untuk tidak melewati jalan tol Jakarta-Cikampek.

(ym/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar