Polda Sulteng Tandatangani PKS Cegah Tindak Pidana Korupsi Bersama Pemprov
(my/bq/hy)
Selasa, 29 September 2020 - 10:34 WIB
Polda Sulteng Tandatangani PKS Cegah Tindak Pidana Korupsi Bersama Pemprov

Tribratanews.polri.go.id – Palu. Kapolda Sulteng, Irjen. Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, S.H., dan Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Maklumat di Ruangan Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Senin, (28/09/2020).

Perjanjian kerjasama tersebut di hadiri oleh Bupati se-Sulawesi Tengah serta Kapolres secara virtual dan jajaran Polda Sulawesi Tengah.

Kapolda menjelaskan bahwa mekanisme penanganan laporan atau pengaduan masyarakat antara penegak Hukum dan aparat pengawas Internal Pemerintah yang diatur dalam perjanjian kerja sama antara Kemendagri dengan Kejaksaan dan Polri merupakan konsep dasar dalam perjanjian kerjasama antara Kapolda Sulteng dan Gubernur Sulteng sebagai upaya optimalisasi dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

“Saya berharap dengan terbangunnya sinergritas dan kolaborasi antara penegak hukum polda dan pengawas internal pemerintah provinsi sulteng, maka diharapkan akan mengoptimalkan pencegahan tindak pidana korupsi dengan pengembalian keuangan negara atau daerah secara berkelanjutan,” jelas Jenderal Bintang Dua itu.

Sementara itu, Gubernur Sulteng menjelaskan bahwa penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasi pencegahan tindak pidana korupsi oleh Apartur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Provinsi Sulawesi Tengah dan Aparatur Penegak Hukum (APH) Polda Sulteng Tahun 2020 sebagai sarana pencegahan tindak pidana dan korupsi di daerah lewat upaya-upaya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan kolaborasi antara APIP dan APH.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Sulawesi Tengah, saya memberi apresiasi dan dukungan terhadap upaya-upaya pengawasan pencegahan dan penanganan tindak pidana korupsi di Sulawesi Tengah," ujar Gubernur Sulteng itu.

Harapannya, butir-butir perjanjian kerja sama yang telah di tandatangani ini dapat dilaksanakan dengan kesungguhan dan tanggungjawab yang tinggi sehingga hasil-hasilnya akan berhasil guna dalam optimalisasi langkah-langkah terpadu pencegahan tingkat pidana.

"Hal ini sesuai apa yang menjadi tujuan dan harapan kita semua,” pungkas Gubernur.

(my/bq/hy)

BERITA TERKAIT
0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar