Pilkada di Tengah Pandemi, Kapolda Jatim Gelar Focus Group Discussion
(bg/bq/hy)
Jum'at, 25 September 2020 - 16:46 WIB
Pilkada di Tengah Pandemi, Kapolda Jatim Gelar Focus Group Discussion

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur dan Kasdam V Brawijaya. Termasuk juga dari KPU, Bawaslu, Tim Pemenangan Pilkada dari masing-masing Paslon, dan juga 19 perwakilan perserta pilkada dengan menggunakan video teleconference.

Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan, Pilkada 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 Ini perlu diperhatikan secara khusus. Terutama mengantisipasi kerumunan dan juga selalu mengingatkan masyarakat untuk mendisiplinkan protokol kesehatan.

“Ini menjadi perhatian kita semua, kita tidak ingin rangkaian tahapan-tahapan Pilkada ini menjadi sarana penyebaran Covid-19. Saya tegaskan, seluruh jajaran concern dan fokus mencegah penyebaran Covid dan harus bertindak tegas demi menjaga dan melindungi masyarakat dari penyakit ini,” tegas Kapolda di Hotel Bumi, Surabaya, Jumat (25/9/20).

Pilkada di Tengah Pandemi, Kapolda Jatim Gelar Focus Group Discussion

Jenderal Bintang Dua tersebut juga mengatakan bahwa pemilihan kepala daerah ini merupakan hak yang dijamin oleh konstitusi sehingga harus kita dukung sepenuhnya. “Kita ketahui bersama pemilihan kepala daerah ini merupakan hak yang dijamin oleh konstitusi sehingga harus kita dukung sepenuhnya. Dan kami dari Polri, Polda Jawa Timur siap melaksanakan dan mengamankan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini dengan menegakkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kapolda menambahkan, harus disadari bersama, bahwa situasi Pilkada saat ini berbeda dari biasanya dan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dapat dipahami situasi yang sebenarnya terjadi. “Saya berharap, kita semua bisa memahami situasi dan kondisi hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan sesuai dengan perundang-undangan yang sudah ada, baik itu undang-undang Pemilihan, baik itu undang-undang tentang karantina Kesehatan, baik itu tentang undang-undang wabah penyakit menular, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19,” terangnya.

Pilkada di Tengah Pandemi, Kapolda Jatim Gelar Focus Group Discussion

Irjen Pol Fadil Imran juga menambahkan beberapa peraturan-peraturan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak di masa pandemi Covid-19 ini kita laksanakan dengan baik. “Beberapa peraturan-peraturan menteri baik Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri serta peraturan yang dikeluarkan oleh penyelenggara Pemilu yaitu peraturan KPU maupun peraturan Bawaslu terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak di masa pandemi Covid-19 ini kita laksanakan dengan baik,” tandas Kapolda.

Jenderal Bintang Dua ini juga berharap, dari forum diskusi ini dengan dihadiri oleh para pakar di bidangnya, bisa memberikan pemahaman yang sama. “Kami Polri Polda Jawa Timur siap melaksanakan dan mengamankan rangkaian tahapan Pilkada serentak 2020,” harap Kapolda.

(bg/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar