Jelang Pilkada Serentak 2020, Polda Sulteng Gelar Operasi Mantap Praja
adminpolri
Jum'at, 18 September 2020 - 10:38 WIB
Jelang Pilkada Serentak 2020, Polda Sulteng Gelar Operasi Mantap Praja

Tribratanews.polri.go.id- Palu. Jelang Pilkada Serentak 2020, Polda Sulteng menggelar Operasi mantap Praja. “Polda saat ini mengupayakan keamanan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Sulteng 2020 melalui Operasi Mantap Praja. Hal itu sesuai dengan rencana operasi No 15/VIII/2020,” ungkap Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso, di Kota Palu, Kamis 17 September 2020.
Kapolda Sulteng mengatakan, dalam penyelenggaraan operasi nantinya tugas kami adalah melakukan pengamanan, pengawalan, patroli, penjagaan dan semua kegiatan proses penyelenggaran Pilkada di Sulteng.
Khusus penjagaan saat ini lanjut dia, sudah dilakukan pengamanan di Kantor KPU Provinsi, Kabupaten dan Kantor Bawaslu serta pengawalan kepada setiap calon kandidat.
“Dalam operasi pengamanan ini kepolisian telah menyiapkan personil 19085 orang. Terdiri dari petugas Polda Sulteng dan jajaran Polres 5139 personil, dibantu TNI 1059 personil dan Linmas 12887 orang,” jelas Kapolda Sulteng.
Kapolda Sulteng melanjutkan, kepolisian akan mengamankan sekitar 6500 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai dengan saat akan pengungutan suara.
Berkaitan dengan pengamanan Pilkada dimasa pandemi covid-19,  pemerintah juga  telah mengeluarkan Inpres nomor 6 Tahun 2020.
“Dari Inpres itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia menjabarkannya dalam surat edaran Kapolri,” jelasnya.
Kapolda Sulteng mengatakan, untuk penyelengaraan Pilkada serentak Sulteng 2020 pihaknya juga memperhatikan langkah menekan penyebaran covid-19.
Kepolisian telah melakukan langkah-langkah sinergitas melalui kordinasi kolaborasi dengan seluruh pihak penyelenggara pemilu, aparat keamanan, termasuk calon-calon dan pendukungnya untuk melakukan sosialisasi bersama.
“Tujuan sinergitas, agar bisa menjaga penyebaran wabah covid-19 di wilayah Sulteng khususnya Kota Palu. Dan tidak menjadi klaster baru dari penyelengaraan Pilkada,” terangnya
Dengan adanya Pergub nomor 32 Tahun 2020 kata dia, sebagai upaya pencegahan Covid-19 khususnya dalam penyelenggaraan Pilkada.
Polda Sulteng beberapa kali sudah melakukan rapat kordinasi dengan Pemerintah daerah (Pemda) terkait pencegahan Covid-19.
“Saat ini  sudah kami lakukan kegiatan- kegiatan contohnya kordinasi seperti mendisiplinkan warga. Programnya sedang berjalan, rangkaian Pilkada terutama kampanye.  Kami juga sudah melakukan sosialisasi dengan kontestan dan pendukungnya untuk mensosialisasikan
peraturan KPU didalam penyelengaaaan Pilkada. Contohnya rapat umum yang perlu dibatasi,” tutupnya.

(bb/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar