Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Telah Ditandatangani, Berikut 5 Point Penting Untuk Polri
(rz/bq/hy)
Minggu, 06 September 2020 - 10:33 WIB
Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Telah Ditandatangani, Berikut 5 Point Penting Untuk Polri

Tribratanews.polri,go.id – Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali mendapatkan tugas yang disampaikan oleh presiden RI, Ir. H. Joko widodo dalam penanganan Covid-19. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Secara gamblang, dalam Inpres tersebut, Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis M.Si., mendaptkan lima instruksi dalam inpres tersebut, diantaranya :

1. Polri memberikan dukungan kepada Gubernur, Bupati atau Wali Kota dengan mengerahkan kekuatan Polri untuk melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.
2. secara terpadu TNI, Polri, dengan Pemerintah Daerah menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan di masyarakat.
3. Melakukan pembinaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.
4. Meningkatkan efektifitas upaya penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan.
5. Perintah pada Inpres tersebut telah mengatur sanksi terhadap pelanggaran penerapan protokol kesehatan.

Untuk diketahui bersama, sanksi yang diberikan kepada para pelanggar penerapan protokol kesehatan telah disiapkan dalam empat bentuk yaitu berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda adminisratif, atau penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Dengan demikian, tentu Polri akan terus mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menerapkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19 di indonesia.

(rz/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar