Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember
Admin Humas
Rabu, 01 Desember 2021 - 10:24 WIB
Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), Rabu (01/12/21).

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya tetap mengedepankan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Tentu Polri akan jaga situasi Kamtibmas. upaya-upaya yang dilakukan upaya preemtif, melakukan upaya pencegahan," terang Kombes Pol. Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/21).

Jajaran Polri melakukan upaya-upaya preemtif atau pencegahan agar situasi kamtibmas di Bumi Cenderawasih tetap aman terkendali. Kepolisian mengedepankan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi terkait dengan keamanan dan ketertiban.

"Pada prinsipnya kami jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali," terang Perwira Menengah Divisi Humas Polri.

Satgas Nemangkawi yang bertugas melakukan pengamanan wilayah Bumi Cenderawasih dari gangguan keamanan KKB menyatakan tak akan mempertebal pasukan yang dikerahkan untuk mengantisipasi gangguan selama 1 Desember nanti.

Ditempat berbeda, Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius Fakhiri mengaku pihaknya mengelar cipta kondisi dengan menggandeng tokoh masyarakat saat 1 Desember. Ia mengatakan cipta kondisi agar umat Kristiani dapat mempersiapkan diri menyambut Natal yang diawali dengan Minggu Advent.

Pihak kepolisian juga melarang penjualan minuman keras atau minuman beralkohol karena gangguan kamtibmas sering berawal dari miras.

"Mudah-mudahan masyarakat tidak terpancing melakukan hal-hal yang tidak diinginkan hingga dapat mengganggu kamtibmas," tutur Kapolda Papua.

Informasi yang beredar di media sosial, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) berencana mengibarkan Bendera Bintang Kejora pada Rabu besok dalam rangka HUT OPM.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.
HOT TOPIC
POPULER