Satbinmas Siap Wujudkan Polri Presisi dan Menjadi Ujung Tombak di Masyarakat
adminpolri
Selasa, 30 November 2021 - 08:14 WIB
Satbinmas Siap Wujudkan Polri Presisi dan Menjadi Ujung Tombak di Masyarakat

Tribrataanews.polri.go.id - Jakarta. Polisi Pembina Masyarakat (Binmas) merupakan Polisi masa depan yang menjadi ujung tombak Polri di masyarakat dan bagian penting untuk mewujudkan rasa aman masyarakat dalam operasi Harkamtibmas.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satbinmas bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan, pemberdayaan perpolisian masyarakat, melakukan pengawasan dan koordininasi bentuk-bentuk pamswakarsa serta Polsus.

Satbinmas juga melakukan kegiatan kerjasama dengan lembaga, ormas dan tokoh masyarakat guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan mengatakan jumlah personel Binmas seluruhnya mencapai 50 ribu dan dimana 37 ribu bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, sisanya melaksanakan kegiatan bimbingan.

"Terkait dukungan dalam mewujudkan Polri Presisi. Sesuai program Kapolri Bapak Listyo Sigit Prabowo yang diterjemahkan Kabaharkam kita terjemahkan di lapangan dari sisi pengumpulan informasi dan dari sisi Prediktif ini kami hanya bicara terkait bagaimana 37 ribu Bhabinkamtibmas ditambah personel Binmas lain dan beberapa ormas dan pamswakarsa yang juga kita ikut sertakan dalam pemerolehan informasi," jelas Kakorbinmas, Senin (29/11/21).

Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan juga mengatakan pengumpulan informasi berbagai unsur tersebut akan digabungkan dalam sebuah sistem informasi yang telah dikembangkan dan dikelola menjadi Big Data yang dinamakan Binmas Online Sistem (BOS).

"Sehingga informasi-informasi yang kita dapat akan dikelola dalam Big Data. Dengan begitu, kita bisa memprediksikan apa yang terjadi ke depan setelah data tersebut dikelola. Itu satu peran para Binmas untuk mewujudkan Polri Presisi," jelas Kakorbinmas.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.