Empat Polwan asal Polda Maluku Ikut Konfrensi Polwan Sedunia
adminpolri
Selasa, 09 November 2021 - 10:46 WIB
Empat Polwan asal Polda Maluku Ikut Konfrensi Polwan Sedunia

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Polda Daerah Maluku, mengirim empat Polwan sebagai mengikuti konfrensi Polwan Sedunia, International Association of Women Police (IAWP) di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 5-11 November 2021.

Dua Polwan yang dikirim mewakili Maluku, adalah Kompol Imelda Nendissa PS Kabagjarlat SPN Polda Maluku, dan Ipda June Carla Nanariain, S.Pi. SH, MH Pamin Urrenmin Spripim Polda Maluku, dan dua lainnya Pakor Polwan Polda Maluku, Kompol Sarah Lesil dan juga senior Polwan Kompol Gabby Rumlus, bertindak sebagai peserta pendamping.

Peserta yang mengikuti konferensi IAWP berjumlah 980 peserta yang diikuti baik peserta dari internasional berjumlah 39 peserta dari 12 negara dan 2 organisasi internasional sementara Indonesia diikuti sebanyak 407 peserta dengan, selain itu dihadiri secara online oleh peserta internasional sebanyak 235 peserta yang terdiri dari 39 negara dan Indonesia sebanyak 299 peserta.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat menyebutkan, para polwan yang dikirim adalah yang terbaik dari Polda Maluku, dengan memiliki banyak prestasi.

Ipda June Carla Nanariain, kata Ohoirat, adalah Polwan asal Polda Maluku, yang berpengalaman dalam penugasan Internasional. June tergabung kontingan Garuda Bhayangkara II, dalam penugasan misi UNMISS (United Nation Mission in South Sudan) untuk PBB di Sudan Selatan, Afrika Timur, juga pernah mengikuti pendidikan CoESPU (Center of Excellence for Stability Police Units)di Vicenza -Italia.

“June menguasai bahasa asing dan beberapa kali dikirim untuk mengikuti kegiatan internasional. Jadi selain sebagai peserta dia juga membantu panitia dalam hal komunikasi lintas negara,” ungkap Kombes Ohoirat lagi.

The 58 tahun International Association of Women Police (IAWP) atau Konfrensi polwan sedunia ini, secara resmi dibuka Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Hotel Meruorah, Labuhan Bajo NTT, Minggu (7/11/2021).

Selakn Kapolri, hadir Ibu Asuh Polwan RI Ny. Juliati Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri, perwakilan aparat penegak hukum dari negara sahabat, Polwan dari mancanegara, dan Polwan RI dari sabang sampai Merauke.

The 58th International Association of Women Police merupakan konferensi IAWP pertama dengan konsep Hybrid yang dapat dihadiri oleh peserta baik melalui platform online maupun offline.

Program terpenting dari konferensi ini, adalah Training Sessions dimana terdapat 6 keynote meliputi Mendagri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Under Secretary General for Peace Operations dan 4 diantaranya adalah inspiring female leader dari tanah air.

Mereka, adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Masudi, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, dan Wakapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi.

Adapun tema yang di angkat dalam konferensi IAWP tahun ini adalah “Women at The Center Stage of Policing” dengan 5 (lima) sub-thema meliputi: Women, Peace and Security, Women and Leadership, Police Women and Their Challenges, The Role of Women in Policing, Science, Technology and Policing, Current Issues on Transnational Crimes.

Dan para polwan perwakilan dari Indonesia yang dikirim sebagai peserta selain memiliki pengalaman penugasan luar negeri tergabung dalam Pasukan Garuda Bhayangkara, juga pernah mengikuti seminar-seminar Polwan internasional lainnya, atau misi-misi Internasional lainnya yang melibatkan Polwan.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.
HOT TOPIC
POPULER