Jelang HUT RI Polda Kalteng Gelar Lomba Virtual, Cipta Musik Karungut
Admin Humas
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Jelang HUT RI Polda Kalteng Gelar Lomba Virtual, Cipta Musik Karungut

Tribratanews.polri.go.id – Banjarmasin. Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan lomba cipta lagu Karungut. Pelaksanaan lomba bertujuan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 75 tanggal 17 Agustus 2020 mendatang. Lomba cipta lagu Karungut juga bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional.  

Bagi yang berminat untuk mengikuti perlombaan tersebut dapat mendaftar kebagian Reserse yang ada di masing-masing Polres jajaran di wilayah Polda Kalteng. Untuk di Polda sendiri kontak person yang dapat dihubungi yaitu no Hp 0813 1779 1313 atas nama Kompol Yudhapatie.  

Sedangkan, waktu pendaftaran dimulai sejak tanggal 6 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2020. Setelah menjadi finalis di daerah, 14 peserta terbaik akan mengikuti grand final yang berlangsung pada tanggal 21 Agustus mendatang di Polda Kalteng  

Kabid Humas, Kombes Pol. Hendra Rochmawan menjelaskan, bagi pemenang lomba tersebut akan ada hadiah uang untuk pembinaan dengan jumlah yang cukup besar. "Kami menyiapkan hadiah berupa uang dengan nominal mencapai Rp. 15.500.000,-. Dengan rincian juara pertama senilai Rp. 7.500.000,-, kedua Rp. 5.000.000 dan ketiga Rp. 3.000.000," jelas Kabid Humas Polda Kalteng.  

Untuk diketahui, musik karungut adalah merupakan musik dengan model gitar atau alat musik petik karungut yang merupakan musik tradisional orang dayak di Kalimantan Tengah khususnya. Musik karungut, selama ini sering dipopularkan dalam acara seni dan budaya lokal, hingga untuk menghibur tamu kehormatan yang datang ke Kalteng serta acara seremonial lainnya.  

Dengan dilaksanakannya lomba virtual cipta music Karungut diharapkan juga bisa mengenalkan seni tradisional asal daerah Kalimantan tengah kepada generasi muda yang nantinya akan ikut melestarikan kesenian tradisional.  

(fb/bq/hy)

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar