Nanas Bagong Inovasi Bripka Tri Asih Bantu Kesejahteraan 4 Dusun Di Selatan Jogja
adminpolri
Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:06 WIB
Nanas Bagong  Inovasi Bripka Tri Asih Bantu Kesejahteraan 4 Dusun Di Selatan Jogja

Tribratanews.polri.go.id – Bantul. Kisah inspiratif kembali datang dari tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia, kali ini salah satu srikandi Polri yang bertugas sebagai personel Bhabinkamtibmas Polsek Sanden Polres Bantul Polda DIY berhasil menjadi pelopor ketahanan pangan bagi masyarakat binaannya di empat dusun yaitu Piring 1, Piring 2, Kurahan 1, dan Kurahan 2.

Bripka Tri Asih belajar otodidak dalam membudidayakan buah nanas sejak 2012. Dibandingkan buah nanas pada umumnya, nanas yang dikembangkan Bripka Tri Asih memiliki berat per buah 4-5 kilogram dengan harga ekonomis yang sangat tinggi.

"Saya tanam bunga bagian atas buah nanas dan berhasil tumbuh menjadi bibit. Karena besarnya buah, saya namakan nanas Bagong," ungkap Bripka Tri Asih.

Dalam keterangan yang diberikan disampaikan bahwa Bibit yang dikembangkan selama sembilan tahun ini mampu menghasilkan ratusan bibit yang kemudian menjadi bahan utama dalam pemberdayaan masyarakat di bidang ketahanan pangan. kebanggaannya turut hadir melihat banyaknya masyarakat yang berminat menanam nanas Bagong karena nilai ekonominya tinggi.

"Kalau total yang kita kembangkan hampir menyentuh seribu pohon. Di Piring sendiri tercatat ada 400 tanaman yang dikembangkan oleh warga," ungkap Bripka Tri Asih.

Atas inovasi yang dikembangkan dan berdampak terhadap masyarakat binaannya tersebut, Bripka Tri Asih berhasil menjadi personel Banbhinkatibmas perempuan pertama di Polda DIY yang menerima penghargaan pin emas dan sertifikat Polwan Berprestasi di bidang ketahanan pangan dari Kapolri, jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.