Wujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, Bid Propam Polda Kalsel Luncurkan Terobosan Berbasis TI
Admin Humas
Senin, 13 September 2021 - 11:24 WIB
Wujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, Bid Propam Polda Kalsel Luncurkan Terobosan Berbasis TI

Tribratanews.polri.go.id - Banjarmasin. Bid Propam Polda Kalimantan Selatan mendukung secara penuh program Reformasi Birokrasi Polri tahun 2021.

Surat Perintah Kapolda Kalsel dan Surat Kapolda Kalsel Desember tahun 2020 terkait usulan Satker untuk dilakukan Penilaian Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM yang ditindaklanjuti secara langsung oleh Kabid Propam Polda Kalsel, Kombes Pol. Dudy Iskandar, S.I.K., M.H., dengan membentuk Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas menuju WBK tahun 2021.

Bermacan program dan rencana aksi kegiatan dilakukan untuk melakukan berbagai macam perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan petunjuk dan buku panduan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK.

Bid Propam Polda Kalsel terus berupaya untuk mewujudkan Grand Desain Reformasi Birokrasi 2010-2025 sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 dan Keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tentang Petunjuk dan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dilingkungan Polri.

Sejak dicanangkan oleh Bid Propam Polda Kalsel telah membuat berbagai macam terobosan dan inovasi baik pelayanan kepada masyarakat maupun kepada internal anggota Polda Kalsel sendiri.

Dalam pelaksanaan membangun perubahan tersebut Bid Propam membuat berbagai macam terobosan baik inovasi berbasis Teknologi Informasi (TI) maupun Non TI salah satunya dengan membuat Ruang Pengaduan Masyarakat Terpadu Ramah Ibu dan Anak serta membuat Jalur khusus dan Parkir khusus bagi Penyandang disabilitas, Ruang menyusui untuk ibu-ibu.

Terobosan inovasi lainya adalah Bid Propam membuat inovasi berbasis TI baik untuk pelayanan masyarakat, anggota Polda Kalsel dan Jajaran maupun di internal Bid Propam sendiri dengan membuat Aplikasi E-Dul (Elektronik Dumas dan Laporan), E-Complain, Aplikasi IKM (Indek kepuasan masyarakat) berbasis TI, serta membuat Aplikasi Monitoring Pembangunan Zona Integritas Berbasis Teknologi Informasi yang diberi nama “M-ZI Propam Polda Kalsel” Yang mana didalamnya terdapat fitur-fitur menu yang berkaitan dengan Pembangunan Zona Integritas.

Selain itu, Bid Propam Polda Kalsel juga membuat Daftar hadir pelayanan berbasis Teknologi Informasi yang dikoneksikan dengan Link E-Survey Epzi Mabes Polri sehingga masyarakat yang menerima pelayanan setelah mengisi daftar kehadiran akan secara otomatis masuk ke sistem E-Survey Mabes Polri sehingga masyarakat atau pun anggota yang menerima layanan bisa langsung menilai bagaimana kinerja dan pelayanan Bid Propam Polda Kalsel.

Tidak hanya melakukan terobosan dan inovasi pelayanan publik keluar, Bid Propam pun tidak lupa untuk berbenah diri menghadapi tantangan dan perkembangan zaman di Era Police 4.0 seperti yang sudah dicanangkan oleh Bapak Kapolri dengan Membuat Program Presisi yang mana pelayanan pelayanan Polri Berbasiskan Teknologi Informasi.

Pada internalnya sendiri Bid Propam membuat terobosan perubahan dengan membuat aplikasi “M-Absensi Propam Polda Kalsel” berbasis android yang juga bisa menjadi salah satu sarana Monitoring dan Pengawasan kehadiran anggota Bid Propam Polda Kalsel, selain itu dalam sistem tata kelola arsip surat dinas yang mana biasa hanya menggunakan buku besar sekarang ditambah lagi dengan inovasi Aplikasi E-Office yang digunakan sebagai base data dan pengelolaan arsip surat dinas secara digital/paperlas berbasis Android, sehingga semua surat masuk atau keluar akan secara otomatis terdata dan tersimpan dengan rapi dan aman.

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.