Polda Maluku Luncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital
(ym/bq/hy)
Sabtu, 14 Agustus 2021 - 12:11 WIB
Polda Maluku Luncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital

Tribratatanews.polri.go.id - Ambon. -Polda Maluku meluncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital. Diantaranya Website resmi Polda Maluku dan aplikasi pelayanan Salawaku Emarima.

Program Transformasi Layanan Polda Maluku Berbasis Digital ini dilaunching oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Jumat (13/08/21).

Website maluku.polri.go.id menyajikan informasi-informasi terpercaya, serta berbagai kegiatan yang dilaksanakan Polda Maluku dan Polres jajaran.

Sementara aplikasi Salawaku Emarima, didalamnya terdapat pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online, Ijin Keramaian, dan Call Center 110.

Untuk call center 110, masyarakat dapat menyampaikan berbagai informasi yang terjadi di daerah masing-masing, seperti gangguan kamtibmas, dan berbagai gangguan kejahatan lainnya.

“Selaku pimpinan Polda Maluku saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Heka Leka serta panitia Program Transformasi Layanan Polda Maluku Berbasis Digital yang bekerja dengan keras dan gigih sehingga dengan waktu yang singkat ini semua proses launching hari ini dapat diselesaikan tepat waktu,” terang Wakapolda Maluku.

Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes menjelaskan Pentingnya Transpormasi Layanan Digital ini dilatari tugas dan fungsi Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Maka dari itu, untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, diperlukan kepercayaan masyarakat (public trust) yang dapat dibangun melalui kegiatan pembentukan opini positif public/sentimen terhadap kinerja polri umumnya dan Polda Maluku khususnya.

Lulusan Akabri tahun 1988 mengatakan bahwa Kegiatan ini juga dilakukan demi menindaklanjuti program prioritas Kapolri yaitu Produktif, Responsibilitas, Transparansi (Presisi) berkeadilan dengan tujuan menata kelembagaan, perubahan sistim dan metode organisasi.

Selain itu, juga untuk menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang unggul di era moderen saat ini, khususnya program 13 tentang pemantapan komunikasi publik, peningkatan integrasi teknologi dan komunikasi dengan media untuk akses layanan informasi, pengaduan dan partisipasi masyarakat.

“Di era digital saat ini, layanan online seperti website dan aplikasi online merupakan salah satu media yang paling sering di akses dan digunakan untuk mencari berbagai informasi sebagai sarana komunikasi informasi dan layanan masyarakat, seperti google, facebook, bukalapak, tokopedia dan lain-lain,” tutur Jenderal Bintang Dua.

Dengan adanya website Polda dan aplikasi Online Salawaku Emarina, Mantan Kakorlantas Polri ini berharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses semua informasi dan layanan Polri khususnya di wilayah hukum Polda Maluku dan jajaran.

“Sehingga melalui transformasi digital ini maka akan membantu sistem pelayanan masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah dan terukur,” tutup Wakapolda Maluku

0 KOMENTAR
Simpan nama, email, dan situs web pada browser ini untuk komentar berikutnya.