Cek Pembentukan Polisi RW, Kakorbinmas Baharkam Polri Apresiasi Jajaran Polda Jateng

9 August 2023 - 11:15 WIB
Foto: Dok. Humas Polda Jateng

Tribratanews.polri.go.id - Semarang. Apresiasi diberikan kepada Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., dimana jajaran Polda Jateng sudah mengimplementasikan dan menjabarkan tugas Preemtif dengan adanya Polisi RW (Rukun Warga) di tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen. Pol. Hary Sudwijanto, S.IK., M.Si., Selasa (8/8/23).

“Tujuan dengan adanya Polisi RW untuk mengidentifikasi permasalahan sedini mungkin untuk dicarikan solusi secara bersama sama dengan pihak bhabinkamtibmas, bhabinsa maupun kepala desa,” ungkap Kakorbinmas.

Irjen. Pol. Hary Sudwijanto menjelaskan bahwa hubungan Polisi RW dengan masyarakat sudah berjalan dengan baik dan masyarakat juga menyampaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Baca Juga:  Uji Praktek SIM Jajaran Polda Jabar Dipermudah, Ucapan Terima Kasih Berdatangan Dari Warga

“Kita melihat hakikat gangguan keamanan yang kira-kira perlu atau tidak untuk ditempatkan Polisi RW ditugaskan di lokasi tersebut,” ungkap Kakorbinmas.

Polda Jateng mencatat terdapat 18.488 Polisi RW yang tersebar di berbagai wilayah di provinsi ini. Polda Jateng sudah memiliki 4.848 Bhabinkamtibmas dengan jumlah desa atau kelurahan yang mencapai 8.563 daerah. Sementara jumlah RW di provinsi ini tercatat mencapai 51 ribu RW. Jawa Tengah tersebar 4.848 Bhabinkamtibmas dengan jumlah desa atau kelurahan yang mencapai 8.563 daerah.

Diketahui, Polisi RW adalah program unggulan Polri untuk lebih mendekatkan pelayanan Polri hingga ke tingkat Rukun Warga (RW) dalam rangka memecahkan masalah secara bersama warga dengan prinsip Community Policing, Restorative Justice dan Accountability.

(bg/pr/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment