Trauma Healing Diberikan ke Anak Korban Banjir Lahat

14 March 2023 - 10:00 WIB
Dokumentasi Polres Lahat

Tribratanews.polri.go.id - Lahat. Kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono bersama ibu Ketua Bhayangkari cabang Lahat turun langsung melakukan trauma healing kepada anak-anak korban banjir di Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel). Kegiatan berpangsung di Desa Lubuk Seoang dan di Aula Kantor Camat Mulak Sebingkai dengan diikuti oleh sekitar 55 orang anak korban musibah banjir bandang.

“Jadi diawali dengan ‘ice breaking’, supaya anak-anak bisa membuka diri dan tidak malu-malu terhadap kami. Kemudian kami mengajak anak-anak menyanyi dan menari bersama, juga melakukan berbagai permainan,” ujar Ipda Okta selaku Kanit Turjawali Satlantas Polres Lahat yang memimpin acara trauma healing, Senin (13/3/23).

Baca juga : Program Pi Ajar Terus Digencarkan untuk Anak-Anak Putus Sekolah di Mimika

Menurutnya rona keceriaan pun terpancar dari wajah anak-anak. Tampak mereka menyanyi dan bermain dengan riang gembira diiringi gelak tawa bersama para Polwan.

“Selain menyanyi lagu anak-anak, para peserta juga diajak menyanyi lagu-lagu nasional untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, serta memotivasi dan memberikan semangat,” ungkapnya.

Giat trauma healing, katanya, dititik beratkan kepada permainan anak-anak agar terlupa dengan bencana yang dialami. Tim pun mengadakan kuis dan memberikan hadiah berupa buku, alat tulis tas, serta seragam sekolah dan bingkisan makanan ringan.

“Melalui kegiatan trauma healing ini diharapkan dapat menghilangkan trauma yang dialami oleh anak-anak akibat musibah banjir. Kemudian kondisi psikis dan mental anak-anak ini kembali pulih, sehingga mereka kembali ceria, bisa bersekolah dan bisa bermain seperti biasanya,” jelasnya.

(ay/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment