Tangani Bencana Banjir, Kapolda Riau Kerahkan Personel Bantu Masyarakat yang Terdampak

1 December 2023 - 12:30 WIB
Dok. Polda Riau

Tribratanews.polri.go.id - Pekanbaru. Sejak beberapa waktu lalu, musim hujan berlangsung di beberapa daerah di Provinsi Riau dan menyebabkan banjir. Atas kondisi ini, Kapolda Riau Irjen. Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., langsung mengerahkan personel Kepolisian di daerah untuk menolong masyarakat yang terdampak.

"Awal-awal masuk musim penghujan saya sudah langsung perintahkan agar Personel siaga. Apabila ada masyarakat yang terdampak, saya perintahkan langsung ke lokasi. Bantu masyarakat dengan segala kemampuan yang kita punya," jelas Kapolda, Kamis (30/11/23).

Irjen. Pol. Mohammad Iqbal juga menekankan agar jajaran dapat gerak cepat, bahkan sebisanya turun ke lapangan membantu masyarakat meski dengan peralatan seadanya. Yang terpenting tetap utamakan keselamatan diri ketika hendak melakukan evakuasi.

Baca Juga: BSSN Lakukan Forensik Digital Cari Penyebab Kebocoran Data DPT Pemilu KPU

"Bantu masyarakat untuk segera bisa dievakuasi. Dirikan tenda dan dapur umum. Lakukan sinergisitas dengan seluruh perangkat, TNI, pemerintah kecamatan, desa. Jangan sampai ada jatuh korban," ungkap Kapolda.

Kapolda juga meminta jajaran melakukan imbauan kepada masyarakat apabila curah hujan yang turun sangat tinggi. Serta tetap waspada, dengan segala bentuk potensi bencana. Apalagi di wilayah yang termasuk rawan. Seperti daerah dekat sungai dan dekat tebing.

Diketahui, satu wilayah yang terdampak banjir ialah Kabupaten Bengkalis. Ada 5 desa yang terendam banjir di Kecamatan Bantan pada awal pekan ini. Informasinya, sekitar 900 rumah terendam dan sebagian dari korban banjir harus mengungsi. Jumlah tersebut meliputi 923 kepala keluarga (KK).

Kelima desa di Kecamatan Bantan yang saat ini tergenang banjir adalah, Desa Bantan Tengah yang terdampak 260 KK, Bantan Air 230 KK, Bantan Sari 136 KK, Ulu Pulau 111 KK dan Teluk Papal 186 KK. Selain menggenangi rumah-rumah warga, banjir juga menggenangi tempat-tempat fasilitas umum, seperti halnya kantor desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment