Program Peduli Kamtibmas (PEKA) Binmas Noken Tolikara Menggandeng Tokoh Masyarakat untuk tingkatkan Keamanan di Desa Banggeri

13 October 2021 - 09:01 WIB
Papua- Tugas pertama Polri yang tertera dalam Undang-Undang kepolisian pasal 13 adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Pasal ini menempatkan Polri sebagai inisiator dalam menjaga suatu lingkungan masyarakat. Keamanan dapat terjaga jika seluruh unsur yang terlibat didalamnya memiliki kesamaan sikap untuk saling menjaga, sehinga Masyarakat dan aparat dapat memiliki kesamaan tujuan,maka kemungkinan munculnya tindak kejahatan dapat diminimalisir karena tidaka adanya kesempatan dan ruang bagi kejahatan.


Hal ini berlaku di seluruh Indonesia, salah satunya wilayah Tolikara Papua. Binmas Noken wilayah Tolikara dalam menjalankan tugasnya memelihara kamtibmas tidak sendiri, tetapi juga menggandeng tokoh-tokoh masyarakat yang ada di lingkungan tersebut. Seperti pada Selasa, tanggal 12 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIT s/d selesai di Desa Banggeri Distrik Wenam Kab. Tolikara.


Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan p. Bonay, Bripka Rambo D. Womsiwor, Briptu Pilipus Samtai yang tergabung dalam Binmas Noken Tolikara mengunjungi Bpk. Emanus Wenda bersama para pemuda dan Warga masyarakat Desa Banggeri.


Pada kunjungan tersebut Bnmas Noken mengajak para Tokoh dan warga masyarakat untuk bersama sama menjaga sitkamtibmas tetap aman dan kondusif, hal ini bertujuan agar kegiatan rutinitas masyarakat dapat berjalan dengan lancar.


Harapan kerjasama juga disampaikan oleh Iptu Widada, karena dengan adanya kerjasama dan peran aktif untuk bersama sama membantu Satgas Binmas dalam menjaga keamanan dilingkungan masing akan berdampak pada sitkamtibmas di Kabupaten Tolikara yang aman dan kondusif serta kegiatan pelayanan pemerintahan berlangsung dengan tertib tidak ada gangguan , ancaman maupun intervensi dari pihak lain.


Himbauan lainnya adalah agar para warga masyarakat memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk mengisi kegiatan dengan hal hal yang Positif, misalnya dengan bekerja mencari penghasilan, berkebun maupun dengan kegiatan lain yang bermanfaat. Ajakan membangkitkan kembali siskamling dengan giat Ronda bersama agar tercipta Keamanan dilingkungan tempat tinggal masing masing.Kegiatan berahir Pukul 10.10 WIT.

Share this post

Sign in to leave a comment