Polda Papua Berkomitmen Beri Rasa Aman Pada Masyarakat Untuk Saling Toleransi Antar Umat Beragama

28 March 2024 - 16:30 WIB
inews

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Polda Papua berkomitmen memberi rasa aman kepada masyarakat pada hari-hari besar keagamaan, baik agama Islam maupun Nasrani, dengan melakukan pengamanan di provinsi ini secara kontinu.

"Keamanan diberikan di berbagai kondisi dan keadaan, termasuk pada hari-hari besar keagamaan seperti Natal dan Paskah untuk umat Nasrani serta Ramadhan dan Lebaran bagi umat Islam. Polisi terus berjaga," jelas Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., dilansir dari antaranews, Kamis (28/3/24).

Hal mendasar yang dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), harus tetap menjaga tali silaturahmi di antara umat beragama di provinsi ini, khususnya Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Untuk Wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu

Kapolda Papua bersyukur toleransi itu dapat terjaga dengan baik di Papua oleh seluruh umat beragama sehingga ketenteraman dan kedamaian tetap terpelihara dengan baik.

Perpecahan itu mudah sekali terjadi. Akan tetapi, dengan kerukunan serta saling menjaga toleransi, kamtibmas itu akan tetap terpelihara.

Polisi, sebenarnya berada di barisan belakang karena yang terdepan adalah masyarakat. Mereka harus saling menjaga dan melindungi satu dengan lainnya untuk sama-sama membangun Papua ini lebih maju lagi ke depan.

"Papua harus dibangun dengan 'hati', keharmonisan, dan toleransi sehingga program pembangunan apa pun akan mudah terwujud yang akan berujung pada kesejahteraan masyarakat di provinsi ini," tambahnya.

Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., melaksanakan buka puasa bersama dengan masyarakat di Masjid Babul Jannah, Pasar Lama Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, kemudian salat Tarawih di Masjid Agung Al Aqsha Sentani.

Kegiatan itu merupakan rangkaian Safari Ramadhan 1445 Hijriah yang dilakukan Kapolda Papua bersama jajaran.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment