Bantu Amankan Korban Banjir, Polda Sulsel Terjunkan Personel Gabungan dan Tenaga Medis di Luwu

8 May 2024 - 18:30 WIB
Basarnas Makassar

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin menyiagakan dua peleton personel gabungan di desa terpencil di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi, S.I.K., M.H., mengatakan, dua pleton personel tersebut ditempatkan di Desa Pajang, Kecamatan Latimojong. Mereka akan berada di sana untuk membantu dan menjaga posko bantuan.

"Kami berdua sengaja terbang ke Lapangan Desa Pajang, Kecamatan Latimojong ini dengan tujuan survei lokasi untuk posko di Kecamatan Latimojong," ujar Irjen. Pol. Rian, Rabu (8/5/24).

Ia juga menyebutkan, posko bantuan didirikan di sana lantaran akses darat untuk menuju ke desa tersebut hingga saat ini masih belum bisa dilalui. Sehingga, pihaknya mendirikan posko dan menyuplai kebutuhan melalui udara.

Baca Juga: Polisi Ungkap Modus Pembunuhan Pengusaha Tembaga Boyolali

"Seluruh stakeholder akan terus mengirimkan personel TNI-Polri serta tenaga kesehatan dan tenaga lainnya ke lokasi tersebut," tuturnya.

Tak hanya itu, warga yang memerlukan bantuan medis, anak-anak, dan ibu hamil akan dievakuasi menggunakan helikopter yang disiapkan oleh Polda Sulsel dan lainnya. Saat ini ada dua helikopter yang siap untuk mengevakuasi warga tersebut.

"Untuk Proses evakuasi warga kita menggunakan skala prioritas dan tingkat emergency. Kalau ada yang mau jalan-jalan ketemu keluarganya tidak menjadi prioritas evakuasi," terangnya.

Jenderal bintang dua tersebut berharap penyintas tetap tenang dan tidak panik dan berharap pendirian posko bantuan menjadi solusi terbaik buat warga korban bencana.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen. Bobby menjelaskan, ada tugas tambahan untuk personel gabungan, mereka di sini akan mendata kebutuhan dasar warga berbasis dusun atau desa. Ia menambahkan, pasukan TNI-Polri juga berfungsi melakukan trauma healing kepada warga selama di camp pengungsian.

"Tim trauma healing akan diturunkan. Pangdam, Kapolda dan Pj Gubernur sudah meminta kepada bupati dan kadis sosial untuk menyiapkan tim trauma healing untuk segera naik ke gunung latimojong," tutupnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment