Polisi Berikan Penyuluhan ISPA ke Warga di Intan Jaya

20 May 2023 - 20:30 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Tim Medis Satgas Operasi Rasaka Cartenz 2023 memberikan penyuluhan terkait dengan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) kepada warga di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Jumat (19/5/23).

Seperti dilansir Antaranews , Jumat (19/5/23), Kasatgas Humas Rasaka Cartenz, Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., mengatakan penyuluhan yang dilakukan anggota Satgas Rasaka Cartenz Bripda Aldrin T. Wader diawali pemeriksaan kesehatan kepada warga.

Saat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap salah satu warga, yaitu Pabiana Sani (50) yang mengeluh asam urat dan nyeri pada dada, diduga menderita ISPA. Setelah diobati, dia disarankan untuk berobat ke puskesmas atau rumah sakit agar mendapat penanganan medis yang lebih lanjut.

Baca Juga: Kemenkes: Posyandu Penting untuk Dukung Desa yang Kuat Menuju Negara Kuat

ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi dan dapat menyerang warga saat terjadi perubahan cuaca atau musim dengan gejala, meliputi batuk, pilek, demam, sesak napas, dan nyeri dada.

Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady mengatakan Tim Medis Satgas Rasaka Cartenz akan terus berupaya melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan kepada warga.

Hal ini sesuai dengan salah satu dari 16 Program Prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri.

Warga juga diajak menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan serta kebersihan diri dan lingkungan sehingga dapat mempercepat proses kesembuhan bila terserang penyakit.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment